Sabtu, 14 Juni 2008

TO 1 SAMPAI TO 4 PKN:282007020.MASNO-SWB

NAMA : MASN0
NIM : 282007020
KELAS : P07 S 1 B ( SWB )
KABUPATEN : BLORA
=========================================================================


MATA KULIAH :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


Jawaban Tugas Tutorial Online 1


1. Tri Pusat Pendidikan :
ú Pendidikan Informal : pendidikan yang ada dalam keluarga.
Contoh : Di rumah/keluarga pengajarnya anggota keluarga
( Ayah, Ibu, Kakak, Nenek dll.).
ú Pendidikan Formal : pendidikan sekolah. Baik sekolah negeri maupun sekolah swasta.
Contoh : - Sekolah Dasar Negeri pengajarnya diangkat oleh
pemerintah.
- SMP Muhammadiyah pengajarnya guru tetap
yayasan dan guru negeri yang diperbantukan.
ú Pendidikan Non Formal : pendidikan yang ada dalam masyarakat, dan berupa kursus-kursus ketrampilan.
Contoh : Kursus menjahit pengajarnya orang yang pandai
bidang menjahit/yayasan swasta.

2. Pendapat tokoh pada proses terjadinya interaksi antar informasi yang masuk dengan kondisi intern siswa yang belajar :
Thorendike, cara belajar manusia dan binatang pada dasarnya sama, karena belajar pada dasarnya terjadi melalui pembentukan asosiasi antara stimulus dan respon.
Skinner, belajar merupakan suatu proses atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif.
Robert M. Gagne, belajar seseorang dipengaruhi faktor dari luar dan faktor dari dalam yang saling berinteraksi.

3. Penerapan Teori Ausubel pada materi PKn SD :
· Belajar dengan menemuan yang bermakna dan belajar dengan ceramah yang bermakna.
· Dalam memberikan materi PKn di SD yang bermakna, maka siswa akan mudah memahaminya, apalagi bahan ajar ada kaitannya dengan ppengetahuan yang dimiliki anak meskipun dengan menggunakan ceramah dan tidak menghafal.

4. Contoh skenario pembelajaran PKn SD dengan model Deduktif dan Induktif :
Contoh Pembelajaran Deduktif :
Guru menyiapkan topik Perwujudan Kehidupan Demokrasi di Indonesia dalam Pemilihan Umum.
Guru menyampaikan asas pemilu : LUBERJURDIL.
Guru menanyakan arti Luberjurdil kepada siswa.
Guru menjelaskan arti asas pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, Adil.
Guru memberikan contoh tiap asas pemulu di atas.
Guru memberi kesempatan siswa bertanya kepada guru tentang materi yangb telah diberikan.
Guru membagi lembar kerja.
Guru memberikan soal-soal penilaian.
Siswa mengerjakan soal penilaian yang diberikan guru.
Contoh Pembelajaran Induktif :
Guru menyiapkan topik Makna Demokrasi.
Guru menyuruh siswa untuk membentuk kepanitiaan.
Guru memberi pengarahan tata cara pemilihan.
Guru menyuruh siswa mengajukan bakal calon pengurus.
Guru menganjurkan tiap anak menuliskan satu orang pilihan.
Guru dibantu siswa mengumpulkan dan menghitung hasil pemungutan suara.
Siswa diberi kesempatan bertanya tentang tata cara pemilihan itu.
Siswa dibimbing guiru menyimpulkan pemilihan yang telah dilaksanakan.
Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya kepada guru jika ada yang jelas tentang pelajaran yang diberikan.
Guru membagi Lembar Kerja Siswa tentang Makna Demokrasi, kemudian memberi soal evaluasi.


INISIASI 2 PKN

Jawaban Tugas Tutorial Online 2

MATA KULIAH :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN



ANALISIS PROGRAM PENGAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V ( Lima )
Semester : 2 ( dua )
Tingkat : SD dan MI

No.
Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
3.
Kebebasan Berorganisasi


A. Pengertian Organisasi
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
B. Contoh Organisasi di Sekolahdan di Masyarakat
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
C. Peran Serta dalam Organisasi di Sekolah
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
D. Ulangan Harian
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
E. Portofolio





4.
Keputusan Bersama


A. Pengertian Keputusan Bersama
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
B. Bentuk-bentuk Keputusan Bersama
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
C. Mematuhi Keputusan Bersama
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
D. Ulangan Harian
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
E. Portofolio




õõõ
INISIASI 3 PKN

Jawaban Tugas Tutorial Online 3

MATA KULIAH :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

A. Pembelajaran PKn Kelas II SD, Semester 1
Materi : Membiasakan Hidup Gotong Royong

Model Pembelajaran yang dipilih : Pembelajaran Tematik
Metode Pembelajaran yang digunakan : Ceramah, Tanya Jawab, Diskudi, Tugas.
Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal.
- Membuka pelajaran dengan berdoa bersama & mengabsen siswa.
- Mengadakan tanya-jawab tentang materi yang lalu untuk memotivasi.
- Memasang alat peraga ( foto / gambar )
B. Kegiatan Inti
o Siswa menyimak materi yang dibacakan dan dijelaskan guru.
o Siswa mendengarkan kaset rekaman Teks Pembukaan UUD 1945.
o Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan kaset agar aktif.
o Siswa diberi kesempatan untuk bertanya setelah gru menjelaskan.
o Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok ( 3/ 4 anak )
o Siswa diberi soal untuk diskusi kelompok.
o Siswa melaporkan hasil kerja kelompok.
o Gueu memimpin diskusi kelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

C. Kegiatan Akhir
- Siswa dibimbing guru membuat resume.
- Siswa mengerjakan soal latihan.
- Guru mengoreksi dan menyimpan hasil evaluasi.
- Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi pesan-pesan kepada siswa.


Media Pembelajaran yang digunakan :

Alat Penilaian yang digunakan :

B. Pembelajaran PKn Kelas VI SD semester 2
Materi : Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi

2. Model Pembelajaran yang dipilih : Pembelajaran Satuan Pelajaran
3. Metode Pembelajaran yang digunakan : Ceramah, Tanya Jawab, Diskudi, Tugas.
4. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal.
- Membuka pelajaran dengan berdoa bersama & mengabsen siswa.
- Mengadakan tanya-jawab tentang materi yang lalu untuk memotivasi.
- Memasang alat peraga ( foto / gambar )
B. Kegiatan Inti
o Siswa menyimak materi yang dibacakan dan dijelaskan guru.
o Siswa mendengarkan kaset rekaman Teks Pembukaan UUD 1945.
o Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan kaset agar aktif.
o Siswa diberi kesempatan untuk bertanya setelah gru menjelaskan.
o Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok ( 3/ 4 anak )
o Siswa diberi soal untuk diskusi kelompok.
o Siswa melaporkan hasil kerja kelompok.
o Gueu memimpin diskusi kelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

C. Kegiatan Akhir
- Siswa dibimbing guru membuat resume.
- Siswa mengerjakan soal latihan.
- Guru mengoreksi dan menyimpan hasil evaluasi.
- Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi pesan-pesan kepada siswa.

5. Media Pembelajaran yang digunakan :
- Gambar-gambar
- Foto
- Klipping
- Tape recorder
- Kaset

6. Alat Penilaian yang digunakan :
- Bentuk penilaian : Tes
- Tehnik : Tertulis

7. Alat Penilaian :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
Apakah tujuan politik luar negeri Indonesia ?
Apa saja bentuk perwakilan diplomatik Negara Indonesia di luar negeri ?
Apakah perwakilan Konsulat itu ?
Apa yang dimaksud hubungan multirateral itu ?
Sebutkan 2 perbedaan antara perwakilan Diplomatik dan Konsulat ?


TO Ž selesai !
INISIASI 4 PKN
Jawaban Tugas Tutorial Online 4

1.Analisis soal PKn

Kelas
S o a l
Mengukur Kemampuan Aspek
V
1. Mengapa Bung Hatta dan empat tokoh Islam mengadakan konsultasi
sebelum mpenyerahan Rancangan Pembukaan UUD 1945 ?
Kognitif
2. Bagaimana cara menerima keputusan bersama dengan iklas ?
Afektif
C. Mengapa kepentingan negara harus didahulukan dari pada
kepentinganpribadi & golongan ?
Afektif
4. Apa yang kamu lakukan jika sedang bermain bersama tiba-tiba teman
minta ijin untuk melakukan sholat ?
Civic Skills
5.Jika tetangga daerah tempat tinggalmu terkena bencana alam, apa
yang sebaiknya kamu lakukan bersama-sama temanmu ?
Civic Skills


2. Alat Penilaian PKn SD Kelas I - VI

Kelas
S o a l
Mengukur Kemampuan Aspek
I
1. Apa gunanya dibuat aturan ?
Kognitif
2. Berikan satu contoh aturan di rumah !
Afektif
3. Apa tugasmu untuk m,enjaga keamananlingkungan ?
Civic Skill
II
1. Apakah tugas pimpinan rapat ?
Kognitif
2. Bagaimana cara mengajukan usuk dalam musyawarah ?
Afektif
3. Berilah contoh sikap mentaati peraturan musyawarah !
Civic Skill
III
1. Apakah gambar sila ke dua dari Pancasila ?
Kognitif
2. Kepada siapakah kamu berbakti ?
Afektif
3. Bagaimana sikapmu jika kamu tidak naik kelas ?
Civic Skill
IV
1. Terdapat dimanakah pengadilan negeri itu ?
Kognitif
2. Bagaimanakah hubungan antara saudara jika kemajuan bidang komunikasi maju ?
Afektif
3. Bagaimana sikapmu menghadapi globalisasi ?
Civic Skill
V
1. Apa makna Bhinneka Tunggal Ika itu ?
Kognitif
2. Apa tujuan kita ikut menjaga keutuhan NKRI ?
Afektif
3. Apakah anak yang suka bikin onar adalah salah satu bentuk sikap merusak keutuhan NKRI ?
Civic Skill
VI
1. Sebutkan 5 negara anggota ASEAN !
Kognitif
2. Kerja sama di bidang apakah pertukaran pelajar antara Indonesia dan negara ASEAN ?
Afektif
3. Jelaskan mengapa hidup bertetangga harus terjalin dengan baik ?
Civic Skill

TO „ selesai !