Jumat, 13 Juni 2008

TO 2,3,4 PKN

NAMA : SITI NUR HIDAYAH
NIM : 282007018
KELAS : PJ07SIB

Jawaban Tugas Tutorial Online 2

MATA KULIAH :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN



ANALISIS PROGRAM PENGAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V ( Lima )
Semester : 2 ( dua )
Tingkat : SD dan MI

No.
Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
3.
Kebebasan Berorganisasi


A. Pengertian Organisasi
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
B. Contoh Organisasi di Sekolahdan di Masyarakat
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
C. Peran Serta dalam Organisasi di Sekolah
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
D. Ulangan Harian
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
E. Portofolio





4.
Keputusan Bersama


A. Pengertian Keputusan Bersama
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
B. Bentuk-bentuk Keputusan Bersama
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
C. Mematuhi Keputusan Bersama
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
D. Ulangan Harian
4 jam pelajaran ( 4 x 35 menit )
2 pertemuan
E. Portofolio




รตรตรต

Jawaban Tugas Tutorial Online 3

MATA KULIAH :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

A. Pembelajaran PKn Kelas II SD, Semester 1
Materi : Membiasakan Hidup Gotong Royong

Model Pembelajaran yang dipilih : Pembelajaran Tematik
Metode Pembelajaran yang digunakan : Ceramah, Tanya Jawab, Diskudi, Tugas.
Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal.
- Membuka pelajaran dengan berdoa bersama & mengabsen siswa.
- Mengadakan tanya-jawab tentang materi yang lalu untuk memotivasi.
- Memasang alat peraga ( foto / gambar )
B. Kegiatan Inti
o Siswa menyimak materi yang dibacakan dan dijelaskan guru.
o Siswa mendengarkan kaset rekaman Teks Pembukaan UUD 1945.
o Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan kaset agar aktif.
o Siswa diberi kesempatan untuk bertanya setelah gru menjelaskan.
o Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok ( 3/ 4 anak )
o Siswa diberi soal untuk diskusi kelompok.
o Siswa melaporkan hasil kerja kelompok.
o Gueu memimpin diskusi kelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

C. Kegiatan Akhir
- Siswa dibimbing guru membuat resume.
- Siswa mengerjakan soal latihan.
- Guru mengoreksi dan menyimpan hasil evaluasi.
- Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi pesan-pesan kepada siswa.


Media Pembelajaran yang digunakan :

Alat Penilaian yang digunakan :

B. Pembelajaran PKn Kelas VI SD semester 2
Materi : Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi

2. Model Pembelajaran yang dipilih : Pembelajaran Satuan Pelajaran
3. Metode Pembelajaran yang digunakan : Ceramah, Tanya Jawab, Diskudi, Tugas.
4. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal.
- Membuka pelajaran dengan berdoa bersama & mengabsen siswa.
- Mengadakan tanya-jawab tentang materi yang lalu untuk memotivasi.
- Memasang alat peraga ( foto / gambar )
B. Kegiatan Inti
o Siswa menyimak materi yang dibacakan dan dijelaskan guru.
o Siswa mendengarkan kaset rekaman Teks Pembukaan UUD 1945.
o Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan kaset agar aktif.
o Siswa diberi kesempatan untuk bertanya setelah gru menjelaskan.
o Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok ( 3/ 4 anak )
o Siswa diberi soal untuk diskusi kelompok.
o Siswa melaporkan hasil kerja kelompok.
o Gueu memimpin diskusi kelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

C. Kegiatan Akhir
- Siswa dibimbing guru membuat resume.
- Siswa mengerjakan soal latihan.
- Guru mengoreksi dan menyimpan hasil evaluasi.
- Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi pesan-pesan kepada siswa.

5. Media Pembelajaran yang digunakan :
- Gambar-gambar
- Foto
- Klipping
- Tape recorder
- Kaset

6. Alat Penilaian yang digunakan :
- Bentuk penilaian : Tes
- Tehnik : Tertulis

7. Alat Penilaian :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
Apakah tujuan politik luar negeri Indonesia ?
Apa saja bentuk perwakilan diplomatik Negara Indonesia di luar negeri ?
Apakah perwakilan Konsulat itu ?
Apa yang dimaksud hubungan multirateral itu ?
Sebutkan 2 perbedaan antara perwakilan Diplomatik dan Konsulat ?


TO Ž selesai !
Jawaban Tugas Tutorial Online 4

1.Analisis soal PKn

Kelas
S o a l
Mengukur Kemampuan Aspek
V
1. Mengapa Bung Hatta dan empat tokoh Islam mengadakan konsultasi
sebelum mpenyerahan Rancangan Pembukaan UUD 1945 ?
Kognitif
2. Bagaimana cara menerima keputusan bersama dengan iklas ?
Afektif
C. Mengapa kepentingan negara harus didahulukan dari pada
kepentinganpribadi & golongan ?
Afektif
4. Apa yang kamu lakukan jika sedang bermain bersama tiba-tiba teman
minta ijin untuk melakukan sholat ?
Civic Skills
5.Jika tetangga daerah tempat tinggalmu terkena bencana alam, apa
yang sebaiknya kamu lakukan bersama-sama temanmu ?
Civic Skills


2. Alat Penilaian PKn SD Kelas I - VI

Kelas
S o a l
Mengukur Kemampuan Aspek
I
1. Apa gunanya dibuat aturan ?
Kognitif
2. Berikan satu contoh aturan di rumah !
Afektif
3. Apa tugasmu untuk m,enjaga keamananlingkungan ?
Civic Skill
II
1. Apakah tugas pimpinan rapat ?
Kognitif
2. Bagaimana cara mengajukan usuk dalam musyawarah ?
Afektif
3. Berilah contoh sikap mentaati peraturan musyawarah !
Civic Skill
III
1. Apakah gambar sila ke dua dari Pancasila ?
Kognitif
2. Kepada siapakah kamu berbakti ?
Afektif
3. Bagaimana sikapmu jika kamu tidak naik kelas ?
Civic Skill
IV
1. Terdapat dimanakah pengadilan negeri itu ?
Kognitif
2. Bagaimanakah hubungan antara saudara jika kemajuan bidang komunikasi maju ?
Afektif
3. Bagaimana sikapmu menghadapi globalisasi ?
Civic Skill
V
1. Apa makna Bhinneka Tunggal Ika itu ?
Kognitif
2. Apa tujuan kita ikut menjaga keutuhan NKRI ?
Afektif
3. Apakah anak yang suka bikin onar adalah salah satu bentuk sikap merusak keutuhan NKRI ?
Civic Skill
VI
1. Sebutkan 5 negara anggota ASEAN !
Kognitif
2. Kerja sama di bidang apakah pertukaran pelajar antara Indonesia dan negara ASEAN ?
Afektif
3. Jelaskan mengapa hidup bertetangga harus terjalin dengan baik ?
Civic Skill

TO „ selesai !

Tidak ada komentar: