Selasa, 13 Mei 2008

TO4-PKN-282007162-Salamah-07SiB

Kepada

Yth. Bp. Mawardi, Mpd.

Di

Salatiga


Bapak ini saya kirimkan Jawaban TO Inisiasi TO 4.

Nama : Salamah

Kelas : PJ07SWB

NIM : 282007162

TO : 4

MK : Pengembangan Pkn.



  1. Ambil tes buatan guru mata pelajaran Pkn. Coba anda analisis soal tersebut dan kelompokkan soal soal yang mengukur kemampuan kognitif (civic knowledges), afektif (civic valves) dan civic skills.


ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP

GUGUS SEKOLAH KARTINI

TAHUN AJARAN 2007/2008



Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Kelas : V (Lima)

Hari/Tanggal : Selasa, 15 April 2008

Waktu : 60 Menit.



  1. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf a, b, c, atau d didepan jawaban yang tepat.

    1. PENGUASAAN KONSEP

  1. Secara garis besar organisasi dibedakan menjadi dua yaitu ….

    1. Organisasi Pemerintah dan Organisasi Swasta

    2. Organisasi Pemerintah dan Organisasi Non Pemerintah

    3. Organisasi Pemerintah dan Organisasi Politik

    4. Organisasi Pemerintah dan Organisasi Sosial


  1. Pengurus yang bertanggung jawab mengelola keuangan organisasi adalah ....

    1. Ketua c. Sekretaris

    2. Anggota d. Bendahara


  1. Organisasi adalah kelompok kerja sama yang diadakan untuk ....

    1. Tujuan Bersama c. Mengelola usaha

    2. Mencari keuntungan d. Mencari teman


  1. Koperasi adalah organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang ....

    1. Sosial c. Ekonomi

    2. Hidup d. Bumi


  1. Manusia selalu membutuhkan orang lain karena manusia adalah makhluk ….

    1. Individu c. Sosial

    2. Hidup d. Bumi


  1. Demi tujuan tercapainya tujuan organisasi setiap anggota harus ….

    1. Mengutamakan keperntingan organisasi

    2. Menonjolkan kepandaiannya

    3. Mencari teman sebanyak banyaknya

    4. Menyambangkan harta untuk organisasi


  1. Tiga kelompok paling penting dalam sebuah organisasi adalah …

    1. Anggota, Pengurus, Penasehat c. Ketua, Sekretaris, Anggota

    2. Ketua, Sekretaris, Bendahara d. Ketua, Bendahara, Anggota


  1. Pengurus Organisasi yang ditunjuk langsung oleh seluruh anggota organisasi disebut..

    1. Intruksi c. Interpelasi

    2. Interupsi d. Aklamasi


  1. Seorang calon pengurus organisasi dinyatakan menang dalam sebuah pemilihan pengurus apabila memperoleh suara sebanyak ....

    1. 50% dari jumlah suara yagn syah

    2. 50% + 1 dari jumlah suara

    3. 50% + 1 dari jumlah suara yang syah

    4. 50% dari jumlah suara semuanya


  1. Kebebasan berorganisasi diatur dalam UUD 1945 pasal......ayat.....

    1. 28 A ayat 3 c. 29 A ayat 3

    2. 28 E ayat 3 d. 29 E ayat 3


  1. Kegiatan yang dilakukan oleh koperasi sekolah adalah sebagai berikut, kecuali ....

    1. Menjual beras dan sayuran c. Menjual Pakaian seragam siswa

    2. Menjual buku dan alat tulis d. Menjual makanan kecil


  1. Peranan komite sekolah dalam organisasi sekolah adalah sebagai ….

    1. Pengawas sekolah c. Penasehat sekolah

    2. Penyandang dana d. Mitra sekolah


  1. Sekolah adalah organisasi social yang bergerak di bidang ….

    1. Ekonomi c. Politik

    2. Pendidikan d. Keamanan


  1. Aspirasi siswa sekolah disalurkan melalui kegiatan ….

    1. PKK c. OSIS

    2. Karang Taruna d. PMI


  1. Kebebasan yang kita miliki harus dapat dipertanggungjawabkan kepada ....

    1. Tuhan Yang Mahaesa c. Masyarakat Luas

    2. Bangsa dana Negara d. Semua orang


    1. PENERAPAN

  1. Isilah titik titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !


        1. Kumpulan orang yang memiliki tujuan tertentu disebut ….

        2. Lembaga atau organisasi yang mengurus kesehatan balita adalah….

        3. Organisasi yang berdiri dengan tujuan membantu pengembangan mutu pendidika disebut ...

        4. Tujuan bermusyawarah adalah untuk mencapai ...

        5. Dalam organisasi harus ada ………… yang akan dica pai

        6. Organisasi yang anggotanya para pemuda di lingkungan RT/RW adalah ….

        7. Antara hak dan kewajiban dalam berorganisasi harus dilaksanakn secara …..

        8. Organisasi yang dikelompokkan menurut usia adalah ….

        9. Pengurus organisasi yang bertugas mengelola keuangan adalah ….

        10. Lambang koperasi diciptakan oleh ....


  1. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat!


1. Apa yang dimaksud dengan organisasi?

Jawab : ………………………………………………………..
2. Sebutkan 3 kegiatan yang dilaksanak di Posyandu?

Jawab : ………………………………………………………..
3. Sebutkan sedikitnya 3 ciri organisasi!

Jawab : ………………………………………………………..
4. Sebutkan 2 cara pemilihan pengurus sebuah organisasi!

Jawab : ………………………………………………………..
5. Bagaimana pendapatmu jika dikelas tidak memili susunan pengurus kelas yang lengkap?

Jawab : ………………………………………………………..



Jawaban :
1. Yang termasuk kognitif pada soal penguasaan konsep.
2. Yang termasuk afektif pada soal soal penerapan



STANDAR KOMPETENSI

URAIAN

METODE

MEDIA

PENILAIAN

KOGNITIF

AFEKTIF

CIVIC SKILLS

KELAS I SEMESTER I


1 .Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan




2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah



Mengenal arti kerukunan dalam kondisi yang berbeda


Mengetahui perlunya tata tertib di sekolah dan di rumah



Menghayati sikap rukun dalam kondisi berbeda



Memiliki sikap hidup tertib dalam mematuhi aturan di rumah dan di sekolah



Membiasakan diri untuk hidup rukun dengan siapapun



Membiasakan diri melaksanakan kegiatan menurut peraturan yang berlaku



Ceramah, cerita, Tanya jawab, penugasan




Cerita, ceramah, gambar, kaset, lagu



Gambar, kaset, lagu lagu.




Gambar, tape recorder, video



Proses: lisan,tertulis

Hasil : tertulis, tugas




Proses : Lisan, tulis, pengamatan.

Hasil : Tulis, lisan.

KELAS I SEMESTER II


1. Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah




2. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah





Mengetahui hak anak di rumah dan di sekolah



Mengetahui berbagai bentuk kewajiban gotong royong dalam rumah, sekolah dan masyarakat



Menghayati dirinya mempunyai hak di rumah dan di sekolah



Menghayati perlunya gotong royong dalam duatu kegiatan



Membiasakan diri menggunakan haknya di rumah dan si sekolah dengan baik


Melatih diri untuk berperan serta dalam kegiatan gotong royong di rumah, sekolah dan masyarakat



Ceramah, Tanya jawab, penugasan




Ceramah, Tanya jawab, penugasan




Video, tape recorder, gambar.




Gambar gotong royong, kaset



Proses : tes lisan, Lks

Hasil : tulis, tugas, pengamatan



Proses : lisan, porto folio

Hasil : Tugas

KELAS II SEMESTER I


1. Membiasakan hidup kegotongroyongan






2. Menampilkan sikap cinta lingkungan



Mengenal berbagai bentuk kegiatan gotong royong dalam rumah, sekolah dan masyarakat


Mengetahui perlunya mencintai lingkungan



Menghayati perlunya gotong royong dalam suatu kegiatan





Membiasakan hidup dengan cinta lingkungan



Melatih diri untuk berperan serta dalam kegiatan gotong royong di rumah, sekolah dan masyarakat



Memberi contoh perilaku sayang pada lingkungan



Ceramah, Tanya jawab, penugasan






Diskusi, pengamatan, Tanya jawab, karya wisata, dialog.



Gambar gotong royong, kaset






Ikan hias, tumbuhan yang tepat dijadikan pewarna, gambar binatang, bunga dan buah



Proses : lisan, porto folio

Hasil : tulis, tugas





Proses : tes lisan, portofolio, tes tulis, pengamatan afektif, psikomotorik dan kognitif.

KELAS II SEMESTER II


1.Menampikan sikap demokrasi





2. Menampilkan nilai nilai pancasila



Mengetahui perlunya hidup dalam suasana demokrasi



Mengenal perlunya kesadaran terhadap nilai nilai pancasila



Membiasakan diri mengahadapi pendapat teman




Menghayati nilai pancasila dalam kehidupan




Melakukan pemecahan masalah dengan musyawarah mufakat baik dirumah maupun dengan teman.


Mengamalkan nilai pancasila sesuai dalam kehidupan sehari hari



Ceramah, cerita, diskusi, sosiodrama, tanya jawa.




Ceramah, tanya jawab, diskusi, pengamatan



Gambar, kaset, lagu pemilu





Gambar pancasila, video



Proses : Lisan, pengamatan, penugasan

Hasil :tes tulis, penugasan, tulis.



Proses : lisan,Tanya jawab, skala sikap

Hasil : tes tertulis, penugasan, tulis.

KELAS III SEMESTER I


1. Mengamalkan makna sumpah pemuda






2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat



Mengetahui sejarah terjadinya sumpah pemuda





Mengenal norma norma yang berlaku dalam masyarakat



Menghargai jasa pahlawan pencetus sumpah pemuda





Menghargai norma norma yang ada di masyarakat.



Mengadakan peringatan hari sumpah pemuda





Membiasakan diri melakukan norma noema yang ada di masyarakat.



Ceramah, tanya jawab, bermain peran penugasan ikrar sumpah pemuda, menyanyikan lagu wajib.



Gambar, kaset, video



Proses : kinerja, tes tulis, pengamatan, porto folio.

KELAS III SEMESTER II


1. Memiliki harga diri sebagai individu




2. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia



Mengenal perlunya memiliki sikap harga diri sebagai individu


Mengenal perlunya dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia.



Membiasakan menempatkan dirinya sebagai individu dalam masyarakat


Menyadari bahwa dirinya adalah bangsa di wilayah Indonesia



Mengakui kelebihan dan kekurangan dirinya sebagai individu



Bangga menggunakan produk dalam negri



Ceramah, simulasi, diskusi, tanya jawab.




Ceramah,tanya jawab, penugasan.



Gambar, kaset, video



Proses : kinerja, tes tertulis, pengamatan, portofolio

KELAS IV SEMESTER I


1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan



2. Memahami sistem pemerintah pemerintah kabupaten, kota dan propinsi.



Mengenal perlunya sistem yang ada di desa kecamatan



Mengenal sistem pemerintah yang ada di kabupaten, kota dan propinsi.



Membiasakan bersikap sesuai dengan sistem yang berlaku di desa, kecamatan.


Menyadari adanya dan mematuhi sistem yang ada di kabupaten, kota dan propinsi.



Mematuhi semua sistem yang ada di desa, kecamatan.



Melakukan sistem pemerintahan yang ada di kabupaten, kota dan propinsi dengan baik.



Ceramah, tanya jawab, pengamatan, simulasi




Ceramah, tanya jawab, karya wisata, sosio drama.



Buku, koran, televisi, kantor desa dan kecamatan



Buku, koran, televisi, kantor.



Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, portofolio



Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, portofolio

KELAS IV SEMESETER II


1. Mengenal pemerintahan tingkat pusat




2. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya




Mengenal lembaga lembaga tertinggi negara yang ada di Indonesia


Mengenal perlunya kemauan untuk menyesuaikan diri dengan era globalisasi



Menyadari adanya peraturan yang diadakan oleh sistem pusat


Membiasakan diri bersikap menyesuaikan dengan globalisasi



Mematuhi atau melakukan dengan tertib aturan yang dilakukan oleh pusat


Memanfaatkan teknologimodern dalam era globalisasi



Ceramah, Tanya jawab, diskusi




Ceramah, tanya jawab, laboratorium, pemain peran



Buku, koran, televisi





Buku, Koran, televisi, komputer, internet



Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, portofolio.



Tanya jawab, tes tulis, kliping, sikap berteknologi

KELAS V SEMESTER I


1. Memahami pentingnya keutuhan NKRI




2. Memahami peraturan perundang undangan tingkat pusat dan daerah



Mengetahui perlunya menjaga keutuhan NKRI



Mengenal peraturan peundangan yang ada di daerah dan pusat.



Menampilkan sikap perilaku yang mencerminkan sikap pentingnya NKRI


Ikut berperan dalam mensosialisasikan peraturan perundangan yang ada di daerah dan pusat



Mencegah perpecahan terjadinya NKRI





Melakukan dengan disiplin undang undang yang ada di daerah dan pusat.



Ceramah, Tanya jawab, simulasi, sosiodrama.




Ceramah, Tanya jawab, simulasi



Buku, koran, televisi





Buku, Koran, televisi, video.



Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, sikap nasionalisme.



Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, sikap nasionalisme.

KELAS V SEMESTER II


1. Memahami kebebasan berorganisai



2. Menghargai keputusan bersama



Mengetahui pentingnya berorganisasi


Mengetahui perlunya hasil keputusan musyawarah



Menghargai kebebasan berorganisasi



Menampilkan sikap/perilaku terhadap kekalahan



Ikut aktif dalam organisasi yang ada di sekolah


Aktif mengikuti pemilihan ketua kelas



Ceramah, tanya jawab, simulasi, bermain peran


Ceramah, tanya jawab, simulasi



Buku, organisasi di sekolah



Buku, gambar



Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, sikap aktif berorganisasi


Tanya jawab, tes lisan, tes tulis, sikap

KELAS VI SEMSTER I


1. Menghargai nilai nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar negara



2. Memahami sistem pemerintahan republik Indonesia



Mengetahui sejarah perumusan pancasila sebagai dasar negara



Mengetahui sistem pemerintahan republik Indonesia sesuai dengan UUD 45 hasil amandemen



Mengenal jasa pahlawan yang ikut dalam perumusan pancasila sebagai dasar negara


Menyadari pentingnya amandemen



Mengamalkan nilai pancasila hasil perjuangan para pahlawan terdahulu



Melakukan perubahan UUD 45 dalam sistem pemerintahan



Ceramah, tanya jawab, simulasi, bermain peran




Ceramah, tanya jawab, simulasi



Buku, koran, televisi, tape recorder, video





Buku, koran, televisi



Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, sikap





Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping.

KELAS VI SEMESTER II


1. Memahami peran Indonesia di lingkungan negara tetangga.



2. Memahami peran politik luar negri Indonesia dalam era globalisasi




Mengenal perlunya ikut berperan dalam lingkungan asia tenggara


Mengetahui perlunya politik luar negri Indonesia dalam era globalisasi



Membiasakan diri untuk menyadari adanya kerjasama antar negara di asia tenggara


Menyadari pentingnya politik luar negri Indonesia



Memanfaatkan kesempatan hasil hubungan dengan negara di asia tenggara


Ikut berperan aktif dalam kegiatan politik luar negri Indonesia



Ceramah, tanya jawab, bermain perran, diskusi




Ceramah, Tanya jawab



Buku, Koran, televisi





Buku, Koran, televisi



Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping.




Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping