Kepada
Yth. Bp. Mawardi, Mpd.
Di
Salatiga
Bapak ini saya kirimkan Jawaban TO Inisiasi TO 4.
Nama : Salamah
Kelas : PJ07SWB
NIM : 282007162
TO : 4
MK : Pengembangan Pkn.
Ambil tes buatan guru mata pelajaran Pkn. Coba anda analisis soal tersebut dan kelompokkan soal soal yang mengukur kemampuan kognitif (civic knowledges), afektif (civic valves) dan civic skills.
ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
GUGUS SEKOLAH KARTINI
TAHUN AJARAN 2007/2008
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas : V (Lima)
Hari/Tanggal : Selasa, 15 April 2008
Waktu : 60 Menit.
Berilah Tanda Silang (X) pada huruf a, b, c, atau d didepan jawaban yang tepat.
PENGUASAAN KONSEP
Secara garis besar organisasi dibedakan menjadi dua yaitu ….
Organisasi Pemerintah dan Organisasi Swasta
Organisasi Pemerintah dan Organisasi Non Pemerintah
Organisasi Pemerintah dan Organisasi Politik
Organisasi Pemerintah dan Organisasi Sosial
Pengurus yang bertanggung jawab mengelola keuangan organisasi adalah ....
Ketua c. Sekretaris
Anggota d. Bendahara
Organisasi adalah kelompok kerja sama yang diadakan untuk ....
Tujuan Bersama c. Mengelola usaha
Mencari keuntungan d. Mencari teman
Koperasi adalah organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang ....
Sosial c. Ekonomi
Hidup d. Bumi
Manusia selalu membutuhkan orang lain karena manusia adalah makhluk ….
Individu c. Sosial
Hidup d. Bumi
Demi tujuan tercapainya tujuan organisasi setiap anggota harus ….
Mengutamakan keperntingan organisasi
Menonjolkan kepandaiannya
Mencari teman sebanyak banyaknya
Menyambangkan harta untuk organisasi
Tiga kelompok paling penting dalam sebuah organisasi adalah …
Anggota, Pengurus, Penasehat c. Ketua, Sekretaris, Anggota
Ketua, Sekretaris, Bendahara d. Ketua, Bendahara, Anggota
Pengurus Organisasi yang ditunjuk langsung oleh seluruh anggota organisasi disebut..
Intruksi c. Interpelasi
Interupsi d. Aklamasi
Seorang calon pengurus organisasi dinyatakan menang dalam sebuah pemilihan pengurus apabila memperoleh suara sebanyak ....
50% dari jumlah suara yagn syah
50% + 1 dari jumlah suara
50% + 1 dari jumlah suara yang syah
50% dari jumlah suara semuanya
Kebebasan berorganisasi diatur dalam UUD 1945 pasal......ayat.....
28 A ayat 3 c. 29 A ayat 3
28 E ayat 3 d. 29 E ayat 3
Kegiatan yang dilakukan oleh koperasi sekolah adalah sebagai berikut, kecuali ....
Menjual beras dan sayuran c. Menjual Pakaian seragam siswa
Menjual buku dan alat tulis d. Menjual makanan kecil
Peranan komite sekolah dalam organisasi sekolah adalah sebagai ….
Pengawas sekolah c. Penasehat sekolah
Penyandang dana d. Mitra sekolah
Sekolah adalah organisasi social yang bergerak di bidang ….
Ekonomi c. Politik
Pendidikan d. Keamanan
Aspirasi siswa sekolah disalurkan melalui kegiatan ….
PKK c. OSIS
Karang Taruna d. PMI
Kebebasan yang kita miliki harus dapat dipertanggungjawabkan kepada ....
Tuhan Yang Mahaesa c. Masyarakat Luas
Bangsa dana Negara d. Semua orang
PENERAPAN
Isilah titik titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
Kumpulan orang yang memiliki tujuan tertentu disebut ….
Lembaga atau organisasi yang mengurus kesehatan balita adalah….
Organisasi yang berdiri dengan tujuan membantu pengembangan mutu pendidika disebut ...
Tujuan bermusyawarah adalah untuk mencapai ...
Dalam organisasi harus ada ………… yang akan dica pai
Organisasi yang anggotanya para pemuda di lingkungan RT/RW adalah ….
Antara hak dan kewajiban dalam berorganisasi harus dilaksanakn secara …..
Organisasi yang dikelompokkan menurut usia adalah ….
Pengurus organisasi yang bertugas mengelola keuangan adalah ….
Lambang koperasi diciptakan oleh ....
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat!
1. Apa yang dimaksud dengan organisasi?
Jawab : ………………………………………………………..
2. Sebutkan 3 kegiatan yang dilaksanak di Posyandu?
Jawab : ………………………………………………………..
3. Sebutkan sedikitnya 3 ciri organisasi!
Jawab : ………………………………………………………..
4. Sebutkan 2 cara pemilihan pengurus sebuah organisasi!
Jawab : ………………………………………………………..
5. Bagaimana pendapatmu jika dikelas tidak memili susunan pengurus kelas yang lengkap?
Jawab : ………………………………………………………..
Jawaban :
1. Yang termasuk kognitif pada soal penguasaan konsep.
2. Yang termasuk afektif pada soal soal penerapa
STANDAR KOMPETENSI
URAIAN
METODE
MEDIA
PENILAIAN
KOGNITIF
AFEKTIF
CIVIC SKILLS
KELAS I SEMESTER I
1 .Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
Mengenal arti kerukunan dalam kondisi yang berbeda
Mengetahui perlunya tata tertib di sekolah dan di rumah
Menghayati sikap rukun dalam kondisi berbeda
Memiliki sikap hidup tertib dalam mematuhi aturan di rumah dan di sekolah
Membiasakan diri untuk hidup rukun dengan siapapun
Membiasakan diri melaksanakan kegiatan menurut peraturan yang berlaku
Ceramah, cerita, Tanya jawab, penugasan
Cerita, ceramah, gambar, kaset, lagu
Gambar, kaset, lagu lagu.
Gambar, tape recorder, video
Proses: lisan,tertulis
Hasil : tertulis, tugas
Proses : Lisan, tulis, pengamatan.
Hasil : Tulis, lisan.
KELAS I SEMESTER II
1. Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah
2. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
Mengetahui hak anak di rumah dan di sekolah
Mengetahui berbagai bentuk kewajiban gotong royong dalam rumah, sekolah dan masyarakat
Menghayati dirinya mempunyai hak di rumah dan di sekolah
Menghayati perlunya gotong royong dalam duatu kegiatan
Membiasakan diri menggunakan haknya di rumah dan si sekolah dengan baik
Melatih diri untuk berperan serta dalam kegiatan gotong royong di rumah, sekolah dan masyarakat
Ceramah, Tanya jawab, penugasan
Ceramah, Tanya jawab, penugasan
Video, tape recorder, gambar.
Gambar gotong royong, kaset
Proses : tes lisan, Lks
Hasil : tulis, tugas, pengamatan
Proses : lisan, porto folio
Hasil : Tugas
KELAS II SEMESTER I
1. Membiasakan hidup kegotongroyongan
2. Menampilkan sikap cinta lingkungan
Mengenal berbagai bentuk kegiatan gotong royong dalam rumah, sekolah dan masyarakat
Mengetahui perlunya mencintai lingkungan
Menghayati perlunya gotong royong dalam suatu kegiatan
Membiasakan hidup dengan cinta lingkungan
Melatih diri untuk berperan serta dalam kegiatan gotong royong di rumah, sekolah dan masyarakat
Memberi contoh perilaku sayang pada lingkungan
Ceramah, Tanya jawab, penugasan
Diskusi, pengamatan, Tanya jawab, karya wisata, dialog.
Gambar gotong royong, kaset
Ikan hias, tumbuhan yang tepat dijadikan pewarna, gambar binatang, bunga dan buah
Proses : lisan, porto folio
Hasil : tulis, tugas
Proses : tes lisan, portofolio, tes tulis, pengamatan afektif, psikomotorik dan kognitif.
KELAS II SEMESTER II
1.Menampikan sikap demokrasi
2. Menampilkan nilai nilai pancasila
Mengetahui perlunya hidup dalam suasana demokrasi
Mengenal perlunya kesadaran terhadap nilai nilai pancasila
Membiasakan diri mengahadapi pendapat teman
Menghayati nilai pancasila dalam kehidupan
Melakukan pemecahan masalah dengan musyawarah mufakat baik dirumah maupun dengan teman.
Mengamalkan nilai pancasila sesuai dalam kehidupan sehari hari
Ceramah, cerita, diskusi, sosiodrama, tanya jawa.
Ceramah, tanya jawab, diskusi, pengamatan
Gambar, kaset, lagu pemilu
Gambar pancasila, video
Proses : Lisan, pengamatan, penugasan
Hasil :tes tulis, penugasan, tulis.
Proses : lisan,Tanya jawab, skala sikap
Hasil : tes tertulis, penugasan, tulis.
KELAS III SEMESTER I
1. Mengamalkan makna sumpah pemuda
2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat
Mengetahui sejarah terjadinya sumpah pemuda
Mengenal norma norma yang berlaku dalam masyarakat
Menghargai jasa pahlawan pencetus sumpah pemuda
Menghargai norma norma yang ada di masyarakat.
Mengadakan peringatan hari sumpah pemuda
Membiasakan diri melakukan norma noema yang ada di masyarakat.
Ceramah, tanya jawab, bermain peran penugasan ikrar sumpah pemuda, menyanyikan lagu wajib.
Gambar, kaset, video
Proses : kinerja, tes tulis, pengamatan, porto folio.
KELAS III SEMESTER II
1. Memiliki harga diri sebagai individu
2. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Mengenal perlunya memiliki sikap harga diri sebagai individu
Mengenal perlunya dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia.
Membiasakan menempatkan dirinya sebagai individu dalam masyarakat
Menyadari bahwa dirinya adalah bangsa di wilayah Indonesia
Mengakui kelebihan dan kekurangan dirinya sebagai individu
Bangga menggunakan produk dalam negri
Ceramah, simulasi, diskusi, tanya jawab.
Ceramah,tanya jawab, penugasan.
Gambar, kaset, video
Proses : kinerja, tes tertulis, pengamatan, portofolio
KELAS IV SEMESTER I
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan
2. Memahami sistem pemerintah pemerintah kabupaten, kota dan propinsi.
Mengenal perlunya sistem yang ada di desa kecamatan
Mengenal sistem pemerintah yang ada di kabupaten, kota dan propinsi.
Membiasakan bersikap sesuai dengan sistem yang berlaku di desa, kecamatan.
Menyadari adanya dan mematuhi sistem yang ada di kabupaten, kota dan propinsi.
Mematuhi semua sistem yang ada di desa, kecamatan.
Melakukan sistem pemerintahan yang ada di kabupaten, kota dan propinsi dengan baik.
Ceramah, tanya jawab, pengamatan, simulasi
Ceramah, tanya jawab, karya wisata, sosio drama.
Buku, koran, televisi, kantor desa dan kecamatan
Buku, koran, televisi, kantor.
Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, portofolio
Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, portofolio
KELAS IV SEMESETER II
1. Mengenal pemerintahan tingkat pusat
2. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya
Mengenal lembaga lembaga tertinggi negara yang ada di Indonesia
Mengenal perlunya kemauan untuk menyesuaikan diri dengan era globalisasi
Menyadari adanya peraturan yang diadakan oleh sistem pusat
Membiasakan diri bersikap menyesuaikan dengan globalisasi
Mematuhi atau melakukan dengan tertib aturan yang dilakukan oleh pusat
Memanfaatkan teknologimodern dalam era globalisasi
Ceramah, Tanya jawab, diskusi
Ceramah, tanya jawab, laboratorium, pemain peran
Buku, koran, televisi
Buku, Koran, televisi, komputer, internet
Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, portofolio.
Tanya jawab, tes tulis, kliping, sikap berteknologi
KELAS V SEMESTER I
1. Memahami pentingnya keutuhan NKRI
2. Memahami peraturan perundang undangan tingkat pusat dan daerah
Mengetahui perlunya menjaga keutuhan NKRI
Mengenal peraturan peundangan yang ada di daerah dan pusat.
Menampilkan sikap perilaku yang mencerminkan sikap pentingnya NKRI
Ikut berperan dalam mensosialisasikan peraturan perundangan yang ada di daerah dan pusat
Mencegah perpecahan terjadinya NKRI
Melakukan dengan disiplin undang undang yang ada di daerah dan pusat.
Ceramah, Tanya jawab, simulasi, sosiodrama.
Ceramah, Tanya jawab, simulasi
Buku, koran, televisi
Buku, Koran, televisi, video.
Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, sikap nasionalisme.
Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, sikap nasionalisme.
KELAS V SEMESTER II
1. Memahami kebebasan berorganisai
2. Menghargai keputusan bersama
Mengetahui pentingnya berorganisasi
Mengetahui perlunya hasil keputusan musyawarah
Menghargai kebebasan berorganisasi
Menampilkan sikap/perilaku terhadap kekalahan
Ikut aktif dalam organisasi yang ada di sekolah
Aktif mengikuti pemilihan ketua kelas
Ceramah, tanya jawab, simulasi, bermain peran
Ceramah, tanya jawab, simulasi
Buku, organisasi di sekolah
Buku, gambar
Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, sikap aktif berorganisasi
Tanya jawab, tes lisan, tes tulis, sikap
KELAS VI SEMSTER I
1. Menghargai nilai nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
2. Memahami sistem pemerintahan republik Indonesia
Mengetahui sejarah perumusan pancasila sebagai dasar negara
Mengetahui sistem pemerintahan republik Indonesia sesuai dengan UUD 45 hasil amandemen
Mengenal jasa pahlawan yang ikut dalam perumusan pancasila sebagai dasar negara
Menyadari pentingnya amandemen
Mengamalkan nilai pancasila hasil perjuangan para pahlawan terdahulu
Melakukan perubahan UUD 45 dalam sistem pemerintahan
Ceramah, tanya jawab, simulasi, bermain peran
Ceramah, tanya jawab, simulasi
Buku, koran, televisi, tape recorder, video
Buku, koran, televisi
Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping, sikap
Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping.
KELAS VI SEMESTER II
1. Memahami peran Indonesia di lingkungan negara tetangga.
2. Memahami peran politik luar negri Indonesia dalam era globalisasi
Mengenal perlunya ikut berperan dalam lingkungan asia tenggara
Mengetahui perlunya politik luar negri Indonesia dalam era globalisasi
Membiasakan diri untuk menyadari adanya kerjasama antar negara di asia tenggara
Menyadari pentingnya politik luar negri Indonesia
Memanfaatkan kesempatan hasil hubungan dengan negara di asia tenggara
Ikut berperan aktif dalam kegiatan politik luar negri Indonesia
Ceramah, tanya jawab, bermain perran, diskusi
Ceramah, Tanya jawab
Buku, Koran, televisi
Buku, Koran, televisi
Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping.
Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, kliping