Selasa, 13 Mei 2008

TO3-PKN-282007162-Salamah-07SiB

Kepada

Yth. Bapak Mawardi, Mpd.

Di Salatiga


Bapak Mawardi, ini saya kirimkan inisiasi TO 3 .


Nama : Salamah

Kelas : PJSW07

NIM : 282007162

TO : 3

MK : PENGEMBANGAN Pkn


Soal :

  1. Anda akan membelajarkan materi membiasakan hidup gotong royong pada kelas II SD Semester I.


    1. Model Pembelajaran apa yang anda pilih ?

Model terpadu integrated


    1. Model pembelajaran apa yang anda gunakan?

        • Ceramah

        • Tanya jawab

        • Diskusi

        • Demontrasi

        • Pemberian tugas


    1. Langkah-langkah apa ang anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?

Langkah langkah pembelajaran terpadu model integrated adalah :

                1. Langkah pertama.

Guru menentukan salah satu tema dari mata pelajaran Pkn yang akan dipadukan dengan tema tema pada mata pelajaran lain.

      1. Langkah kedua

Guru mencari tema tema dari mata pelajaran lain yang memiliki makna yang sama.

      1. Langkah ketiga

Guru mencari tema tema dari mata pelajaran lain yang dikemas menjadi satu tema besar.

      1. Langkah keempat

Guru menyusun RPP yang terdiri dari gabungan konsep konsep beberapa mata pelajaran. Dalam pembelajaran terpadu guru perlu menetukan lebih banyak indikator daripada yang model lainnya.

      1. Langkah kelima

Guru menentukan alokasi waktu karena untuk pembelajaran ini biasanya memerlukan waktu lebih dari satu kali pertemuan


Contoh pengembangan tema, dan sub tema model integrated

  • Tema

Suasana dirumahku

  • Sub Tema I

Gotong royong di rumahku (Pkn I/II)

Indikator :

        • melaksanakan sikap saling membantu diantara anggota keluarga.

  • Keterangan :

Sub sub tema dikembangkan dari topik topik yang overlapping

  • Langkah langkah penyusunan RPP :

    1. Tahap perencanaan

    2. Langkah perencanaan

    3. Tahap pelaksanaan

    4. Tahap penilaian


    1. Media pembelajaran apa ang anda gunakan?

Jawab :

        • Beberapa macam gambar gotong royong.

        • Gambar

        • Kaset

        • Lagu lau “menanam jagung”


    1. Alat penilaian apa yang anda terapkan?

                1. Teknik tes

  • Tes lisan

              1. Keberanian menjawab/menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil

              2. Ketepatan jawaban

              3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.

  • Tes tertulis

- Pilihan ganda

- Isian

  • Tes perbuatan


                1. Bentuk tes

    1. Obyektif tes

    2. Non Obyektif tes


                1. Instrument tes

              1. LKS

              2. Lembar Observasi


  1. Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesian Dalam Era Globalisasi Pada Kelas VI SD Semester II


6. Model Pembelajaran apa yang anda pilih?

Webbed



7. Metode pembelajaran apa yang anda gunakan?

        • Ceramah

        • Ekspoitasi


8. Langkah langkah apa yang anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?


KEGIATAN AWAL

Memberikan pertanyaan kepada siswa :

              1. Pernahkah kalian berkirim surat kepada temanmu lewat pos?

Berapa waktu yang diperlukan hingga surat tersebut diterima oleh temanmu

        1. Sekarang untuk menyampaikan pesan tidak perlu lama, tinggal mengetik dalam komputer kirim lewat internet akan sampai pesan tersebut atau email atau telepon atau H.P


Kegiatan Inti

1. Memberikan uraian singkat tentang pengertian globalisasi.

    1. Bertanya pada siswa tentang seberapa jauh siswa mengenal telepon dan internet.

    2. Meminta siswa untuk membuat uraian singkat tentang telepon dan internet dalm hubungannya dengan globalisasi.

    3. Menjelaskan “kehidupan masyarakat global” berikut aspek aspeknya sekali kali bertanya kepada siswa tentang materi yang bersangkutan.

    4. siswa membaca materi tentang “bukti globalisasi di lingkungan masyarakat”

    5. Menjelaskan bukti bukti di bidang pariwisata, migrasi, dan telekomunikasi, surat kabar, televisi, majalah dll.

    6. Meminta siswa mengamati iklan di media masa baik cetak maupun elektronik.

Guru memberi pertanyaan:

Bagaimana iklan dapat mempengaruhi tindakan seseorang?

    1. Memberi tugas kepada siswa.

Pengaruh dari globalisasi lebih besar manfaatnya atau kerugiannya.

    1. Sedikit menguraikan sikap yang seharusnya dilakukan untuk menghadapi globalisasi.


KEGIATAN AKHIR

Menanamkan nilai moral dalam menghadapi masuknya globalisasi.


9. Media pembelajaran apa yang anda gunakan?

  1. HP

  2. Buku panduan

  3. Alat elektronik

  4. Laptop

  5. Koran

  6. Media cetak

  7. Peta

  8. Televisi

  9. Majalah

  10. dll


    10. Alat penilaian

              1. Tes lisan

- Keberanian menjawab/menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil

- Ketepatan jawaban

- Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.

              1. Tes tertulis.

  • pilihan ganda

  • Isian

              1. Tes Perbuatan

              2. Bentuk tes


Obyekt


              1. Instrument tes

LKS

Lembar observasi