Kepada
Yth. Bapak Mawardi, Mpd.
Di Salatiga
Bapak Mawardi, ini saya kirimkan inisiasi TO 3 .
Nama : Salamah
Kelas : PJSW07
NIM : 282007162
TO : 3
MK : PENGEMBANGAN Pkn
Soal :
Anda akan membelajarkan materi membiasakan hidup gotong royong pada kelas II SD Semester I.
Model Pembelajaran apa yang anda pilih ?
Model terpadu integrated
Model pembelajaran apa yang anda gunakan?
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Demontrasi
Pemberian tugas
Langkah-langkah apa ang anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?
Langkah langkah pembelajaran terpadu model integrated adalah :
Langkah pertama.
Guru menentukan salah satu tema dari mata pelajaran Pkn yang akan dipadukan dengan tema tema pada mata pelajaran lain.
Langkah kedua
Guru mencari tema tema dari mata pelajaran lain yang memiliki makna yang sama.
Langkah ketiga
Guru mencari tema tema dari mata pelajaran lain yang dikemas menjadi satu tema besar.
Langkah keempat
Guru menyusun RPP yang terdiri dari gabungan konsep konsep beberapa mata pelajaran. Dalam pembelajaran terpadu guru perlu menetukan lebih banyak indikator daripada yang model lainnya.
Langkah kelima
Guru menentukan alokasi waktu karena untuk pembelajaran ini biasanya memerlukan waktu lebih dari satu kali pertemuan
Contoh pengembangan tema, dan sub tema model integrated
Tema
Suasana dirumahku
Sub Tema I
Gotong royong di rumahku (Pkn I/II)
Indikator :
melaksanakan sikap saling membantu diantara anggota keluarga.
Keterangan :
Sub sub tema dikembangkan dari topik topik yang overlapping
Langkah langkah penyusunan RPP :
Tahap perencanaan
Langkah perencanaan
Tahap pelaksanaan
Tahap penilaian
Media pembelajaran apa ang anda gunakan?
Jawab :
Beberapa macam gambar gotong royong.
Gambar
Kaset
Lagu lau “menanam jagung”
Alat penilaian apa yang anda terapkan?
Teknik tes
Tes lisan
Keberanian menjawab/menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil
Ketepatan jawaban
Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
Tes tertulis
- Pilihan ganda
- Isian
Tes perbuatan
Bentuk tes
Obyektif tes
Non Obyektif tes
Instrument tes
LKS
Lembar Observasi
Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesian Dalam Era Globalisasi Pada Kelas VI SD Semester II
6. Model Pembelajaran apa yang anda pilih?
Webbed
7. Metode pembelajaran apa yang anda gunakan?
Ceramah
Ekspoitasi
8. Langkah langkah apa yang anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?
KEGIATAN AWAL
Memberikan pertanyaan kepada siswa :
Pernahkah kalian berkirim surat kepada temanmu lewat pos?
Berapa waktu yang diperlukan hingga surat tersebut diterima oleh temanmu
Sekarang untuk menyampaikan pesan tidak perlu lama, tinggal mengetik dalam komputer kirim lewat internet akan sampai pesan tersebut atau email atau telepon atau H.P
Kegiatan Inti
1. Memberikan uraian singkat tentang pengertian globalisasi.
Bertanya pada siswa tentang seberapa jauh siswa mengenal telepon dan internet.
Meminta siswa untuk membuat uraian singkat tentang telepon dan internet dalm hubungannya dengan globalisasi.
Menjelaskan “kehidupan masyarakat global” berikut aspek aspeknya sekali kali bertanya kepada siswa tentang materi yang bersangkutan.
siswa membaca materi tentang “bukti globalisasi di lingkungan masyarakat”
Menjelaskan bukti bukti di bidang pariwisata, migrasi, dan telekomunikasi, surat kabar, televisi, majalah dll.
Meminta siswa mengamati iklan di media masa baik cetak maupun elektronik.
Guru memberi pertanyaan:
Bagaimana iklan dapat mempengaruhi tindakan seseorang?
Memberi tugas kepada siswa.
“Pengaruh dari globalisasi lebih besar manfaatnya atau kerugiannya.
Sedikit menguraikan sikap yang seharusnya dilakukan untuk menghadapi globalisasi.
KEGIATAN AKHIR
Menanamkan nilai moral dalam menghadapi masuknya globalisasi.
9. Media pembelajaran apa yang anda gunakan?
HP
Buku panduan
Alat elektronik
Laptop
Koran
Media cetak
Peta
Televisi
Majalah
dll
10. Alat penilaian
Tes lisan
- Keberanian menjawab/menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil
- Ketepatan jawaban
- Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
Tes tertulis.
pilihan ganda
Isian
Tes Perbuatan
Bentuk tes
Obyekt
Instrument tes
LKS
Lembar observasi