Jawaban Tugas 4 PKn
Nama : Bernadetta Novita Kurniawati
NIM : 282007153
Kelas : P07S1B
Kab.Wonosobo
Jawaban Tugas no. 1
I. Soal yang mengukur kemampuan kognitif
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat
1. Desa dipimpin oleh seorang…………………
2. Wilayah desa terdiri dari beberapa……………
3. seorang camat bertanggung jawab kepada………………
4. Wilayah kecamatan merupakan gabungan dari beberapa………….
5. Wilayah kecamatan dikepalai oleh seorang…………………
II. Soal yang mengukur kemampuan afektif
1. Pada suatu hari di desamu kedatangan penduduk baru dari suku Bali. Ternyata adapt kebiasaan mereka berbeda dengan masyarakat di desamu. Bagaimana sikapmu mengenai hal tersebut ?
2. Bagaimana sikapmu jika temanmu melanggar norma masyarakat ?
3. Bagaimana caramu berbicara dengan orang yang berbeda daerah ?
III. Soal yang mengukur kemampuan Psikomotor
1. Apa yang kamu lakukan terhadap teman-temanmu yang terkena musibah ?
2. Apa yang seharusnya dilakukan apabila ada pencuri yang tertangkap ?
3. Apa yang kamu lakukan jika tetangga baikmu dikucilkan oleh masyarakat ?
Jawaban Tugas no. 2
Alat penilaian matapelajaran PKn SD untuk kelas 1 sampai kelas 6 yang berisi tentang penilaian Kognitif, afektif dan psikomotor adalah sebagai berikut :
Untuk kelas 1
Standar Kompetensi : Kemampuan memahami identitas diri dan keluarga dalam rangka berinteraksi di lingkungan rumah.
Kompetensi Dasar : Kemampuan menjelaskan lingkungan rumah sehat.
Model soal : Isian ( Kognitif )
Jawaban Singkat ( Afektif )
Performance ( Psikomotor )
I. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Sebelum tidur pintu rumah harus ………………….
2. Pakaian yang kotor harus segera di…………………
3. Tempat membuang sampah adalah ………………..
II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar !
1. Bagaimana sikapmu apabila rumah dalam keadaan kotor ?
2. Bagaimana sikapmu jika tempat tidurmu berantakan ?
3. Bagaimana sikapmu melihat ibu sedang repot ?
III. Berilah tanda centang ( √ ) pada kolom yang tertera di bawah ini sesuai dengan sikapmu !
No Pernyataan Perilaku
Selalu Sering Tidak Pernah
1. Setiap hari membantu orang tua
2. Setiap pagi merapikan tempat tidur
3. Membuang sampah di tempat sampah
Untuk kelas 2
Standar Kompetensi : Kemampuan menerapkan hak dan kewajiban sikap saling menghormati dan hidup hemat dalam keluarga serta memelihara lingkungan.
Kompetensi Dasar : Kemampuan mengetahui hak dan kewajiban anggota keluarga di rumah.
Model soal : I. Pilihan ganda ( Kognitif )
II. Skala Sikap ( Afektif )
III. Performance ( Psikomotor )
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b atau c di depan jawaban yang tepat !
1. Nasehat orang tua harus selalu…………….
a. Ditaati
b. Didengar
c. Diabaikan
2. Sesuatu yang harus dikerjakan disebut dengan…………….
a. Kehendak
b. Kewajiban
c. Hak
II. Berilah tanda centang ( √ ) pada pernyataan yang terdapat pada kolom yang tertera di bawah ini sesuai dengan hati nuranimu !
No Pernyataan Sikap
Setuju Tidak Setuju Ragu-ragu
1. Menolong teman yang jatuh.
2. Melerai teman yang berkelahi
3. Mencuri mangga milik tetangga.
4. Mengganggu teman yang sedang belajar
III. Tulislah sikap dan perilakumu dengan memberi tanda centang ( √ ) dalam table yang tersedia !
No Contoh Perilaku Perilaku
Selalu Sering Tidak Pernah
1. Melaksanakan perintah orang tua
2. Melakukan kewajiban didasari rasa tulus iklas.
3. Apabila melakukan kesalahan harus segera minta maaf.
4. Dengan orang yang lebih tua kita menghormatinya
Untuk kelas 3
Standar Kompetensi : Melaksanakan norma yang berlaku
Kompetensi Dasar : Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
Model soal : Pilihan ganda ( Kognitif )
Skala sikap ( Afektif )
Performance ( Psikomotor )
I. Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Aturan yang tidak tertulis disebut ……………
a. UUD 1945
b. Norma
c. KUHP
d. Hokum
2. Orang yang berhak menjatuhkan hukuman dalam pengadilan adalah……………..
a. Hakim
b. Jaksa
c. Polisi
d. Guru
II. Berilah tanda centang ( √ ) pada pernyataan yang terdapat pada kolom yang tertera di bawah ini sesuai dengan hati nuranimu !
No Pernyataan Sikap
Setuju Tidak Setuju Ragu-ragu
1. Membangun saluran air dilakukan secara gotong-royong
2. Orang yang melanggar norma akan mendapat sanksi
3. Peraturan sekolah dibuat untuk diabaikan
4. Penjambret yang tertangkap, agar menjadi jera sebaiknya dipukul beramai-ramai.
III. Tentukan sikap dan perilaku siswa terkait dengan kegiatan kemasyarakatan dengan memberikan tanda centang ( √ ) dalam table di bawah ini !
No Jenis kegiatan Perilaku
Setuju Ragu-ragu Tidak Setuju
1 Kerja bakti membersihkan selokan
2 Membuang sampah pada tempatnya
3 Menjaga kebersihan tempat umum
4 Tidak mengganggu orang yang sedang beribadah
Untuk kelas 4
Standar Kompetensi : Memahami sistim pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan
Kompetensi Dasar : Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
Model soal : Pilihan ganda ( Kognitif )
Skala sikap ( Afektif )
Performance ( Psikomotor )
I. Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Gabungan dari beberapa Rukun Warga disebut……………
a. Kelurahan
b. Kecamatan
c. Desa
d. Dusun
2. Wilayah kecamatan dikepalai oleh seorang…………….
a. Lurah
b. Camat
c. Kades
d. Bupati
3. Tempat pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan adalah ………….
a. Puskesmas
b. Posyandu
c. Imunisasi
d. Panti pijat
II. Berilah tanda centang ( √ ) pada kolom yang tersedia di bawah ini yang sesuai dengan sikapmu !
No Pernyataan Sikap
Setuju Tidak Setuju Ragu-ragu
1. Pemilihan Kepala Desa ditunjuk oleh Bupati
2. Kepala Desa dan Camat boleh menerima uang pemberian dari pihak lain yang berkepentingan.
3. Warga masyarakat desa dapat memberikan masukan / saran melalui BPD
III. Tulislah sikap dan perilakumu dengan memberi tanda centang ( √ ) dalam table yang tersedia !
No Contoh Perilaku Perilaku
Selalu Sering Tidak pernah
1. Memaksakan kehendak kepada orang lain.
2. Menyapa lebih dahulu kepada orang yang lebih tua
3. Mengambil jalan pintas dalam mengurus surat-surat.
4. Membayar pajak tidak melampaui batas waktu
Untuk kelas 5
Standar Kompetensi : Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar : Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Model soal : Pilihan ganda ( Kognitif )
Skala sikap ( Afektif )
Performance ( Psikomotor )
I. Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Bentuk pemerintahan Negara Indonesia adalah …………
a. Republic
b. Liberal
c. Dominant
d. Sosialis
2. Sikap cinta tanah air dan bangsa disebut ………………
e. Chauvisme
f. Nasionalisme
g. Patriotisme
h. Indonesiaisme
II. Tulislah sikap dan perilakumu dengan memberi tanda centang ( √ ) pada table di bawah ini !
No Pernyataan Sikap
Setuju Tidak Setuju Ragu-ragu
1. Di sekolah ada temanmu yang berkelahi, teman lain datang melerai
2. Pak Marno senang merokok. Ketika menjenguk tetangganya di Rumah Sakit, ia tetap merokok padahal di Rumah Sakit tertera tulisan “Dilarang merokok”
3. Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang selalu telat membayar pajak.
III. Tentukan sikap dan perilakumu yang sesuai dengan kegiatan belajar dan aktifitas di sekolah dengan memberi tanda centang ( √ ) pada kolom di bawah ini!
No Jenis Kegiatan Perilaku
Setuju Ragu-ragu Tidak Setuju
1. Melaksanakan piket kelas datang lebih awal
2. Mau menjadi petugas upacara
3. Selalu mengikuti diskusi / kerja kelompok
4. Kerjasama dalam team olah raga
Untuk kelas 6
Standar Kompetensi : Nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar :
Model soal : Pilihan ganda ( Kognitif )
Skala sikap ( Afektif )
Performance ( Psikomotor )
I. Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Persatuan Indonesia adalah bunyi Pancasila, sila ke ………….
a. Pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
2. Hari kesaktian Pancasila kita peringati setiap tanggal …………….
a. 1 Juni
b. 1 Oktober
c. 1 September
d. 1 Desember
II. Berikan tanda centang ( √ ) pada pernyataan yang terdapat pada kolom yang tertera di bawah ini yang sesuai dengan sikapmu !
No Pernyataan Sikap
Setuju Tidak Setuju Ragu-ragu
1. Kita harus belajar giat dalam rangka menyukseskan program pemerintah menuntaskan wajib belajar 9 tahun.
2. Kesebelasan “Galuh Putra” tidak mengakui keunggulan lawannya yang ternyata lebih tangguh, sehingga terjadi perkelahian.
3. Danang tetap melaksanakan hasil keputusan rapat walaupun tidak mengikuti rapat.
III. Berikan tanda centang ( √ ) pada pernyataan yang terdapat pada kolom yang tertera di bawah ini yang sesuai dengan sikapmu dan perilakumu !
No Contoh Perilaku Perilaku
Setuju Ragu-ragu Tidak Setuju
1. Mengunjungi museum peninggalan purbakala.
2. Pantang menyerah dalam menghadapi masalah.
3. Menjaga persatuan dan kesatuan dalam kerja kelompok.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar