NAMA : RASTANTI DWI KRISNA MURTI
NIM : 282007016
KELAS : P07S1B
TO4 PKn
I CONTOH TES MATA PELAJARAN PKn
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Mengenal system pemerintahan pusat
Kelas / Semester : IV / II
Model Soal : Jawaban Singkat
Soal :
1. Untuk menjalankan pemerintahan presiden dibantu oleh seorang……….. ( mengukur kemampuan Kognitif )
2. Nama istana presiden yang ada di bali adalah……… ( Mengukur Kemampuan Kognitif )
3. Nama kabinet yang dipimpin oleh prsiden kita sekarang ini adalah……… ( Mengukur Kemampuan Kognitif )
4. Semua mentri bertanggung jawab kepada………...( Mengukur Kemampuan Kognitif )
5. Monomen Nasional ( Monas ) berada di kota……....(Mengukur Kemampuan Kognitif)
6. Nama Departemen yang mengurusi masalah perhubungan darat, laut dan udara adalah………….. ( Mengukur Kemampuan Kognitif )
7. Anggota MPR, DPR, dan DPD dipilih melalui……..(Mengukur kemampuan kognitif )
8. Jumlah anggota MPR yang berasal dari utusan golongan sebanyak………… (Mengukur kemampuan kognitif )
9. Anggota DPD dipilih dari setiap……. ……..(Mengukur kemampuan kognitif
10. Masa jabatan presiden adalah………th ……..(Mengukur kemampuan kognitif )
II Alat Penilaian Mata Pelajaran PKn SD
KELAS I
Standar Kompetensi : Menerapkan hak dan kewajiaban anak di rumah dan di sekolah
Semester : II ( dua )
Penilaian Kognitif
Bentk Soal : Pilihan Ganda
1. Salah satu hak murid di sekolah adalah……
a. mematuhi tata tertib
b. menghormati guru
c. mendapat pelajaran
2. Di sekolah kita dibimbing belajar oleh……
a. guru b. orang tua d. kepala sekolah
3. Hak anak memberi pendapat antara lain adalah….
a. bermain bersama teman-teman
b. usul tujuan berlibur
c. dibimbing saat belajar
4. Ayah dan ibu memperhatikan dan mengasihi aku. Aku merasa senang karena aku mendapatkan………
a. kewajiban b. hak d. tugas
5. Perilaku yang baik ketika bu guru menjelaskan pelajaran adalah…….
a. Mengganggu teman
b. Mengacuh
c. Memperhatikan
Penilaian afektif
Bentuk soal : Esai
1. Bagaimana perasaanmu jika selalu di saying oleh kedua orang tumu ?
2. mengapa kita tidak boleh melawan orang tua ?
3. Bagaimana jika pendapatmu dalam diskusi tidak diterima oleh ibu guru ?
4. Apa yang kamu lakukan jika bertemi bapak / ibu guru di jalan ?
5. Mengapa kamu wajib menghormati bapak/ibu guru ?
Penilaian civic skill
Bentuk soal : Rating scale
Isi daftar berikut ini dengan memberi tanda centang ( v ) sesuai dengan pendapatmu
No Uraian Benar Salah
1 Murid wajib bermain di kelas
2 Mematuhi nasehat guru adalah kewajiban murid
3 Kewajiban di sekolah melawan guru
4 PR wajib di kerjakandi rumah
5 Murid wajib sopan kepada bapak/ibu guru
6 Murid wajib membaca buku
7 Murid tidak wajib mengikuti upacara bendera
8 Murid tidak wajib menghormati guru
9 Mentaati peraturan sekolah adalah wajib
10 Mematuhi nasehat guru adalah kewajiban murid
KELAS II
Standar Kompetensi : Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari
Semester : II ( dua )
Penilaian kognitif
Bentik soal : Pilihan ganda
1. Jujur artinya…….
a. mengatakan pada orang lain
b. mengatakan apa adanya
c. berbuat baik
2. contoh jujur pada diri sendiri adalah……..
a. ketika ulangan menyontek teman
b. mengerjakan soal ujian sendiri
c. ketika ulangan melihat catatan
3. Manfaat berbuat jujur adalah………
a. banyak uang
b. dijauhi teman
c. banyak teman
4. kita harus jujur pada……….
a. ayah dan ibu saja.
b. diri sendiri dan semua orang
c. teman saja.
5. Bila bersalah orang yang jujur akan……
a. mengakui kesalahan
b. menuduh orang lain
c. diam saja
Penilaian Afektif
Bentuk Soal : Esai
1. Apa yang kamu lakukan jika tidak bias mengerjakan soal pada saat ulangan ?
2. Bagaimana sikapmu jika menerima uang pengembalian yang lebih ?
3. Apa yang kamu lakukan jika menemukan pensil di kelas?
4. apa yang kamu lakukan jika akan memakai pensil temanmu ?
5. Bagaiman sikapmu jika melakukan kesalahan kepada orang lain ?
Penilaian Civic Skll
Bentuk Soal : cheklis
Berilah tanda centang ( v ) pada kolom “pernah” jika kamu prnah melakukan perbuatan ini atau kolom “tidak” jika kamu tidak pernah melakukannya !
No Perbuatan Pernah Tidak
1. Pergi bermain tidak pamit
2. Pulang ke sekolah tidak terlambat
3. Mengambil uang ibu
4. Terus terang kepada ayah
5. Di beri uang bibi tidak bilang kepada ibu
KELAS III
Standar Kompetensi : Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Semester : II ( dua )
Penilaian Kognitif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
1. Semboyan bangsa Indonesia adalah……
a. Bhineka Tunggal Ika
b. pancasila
c. UUD 1945
2. Rumah gadang berasal dari……
a. Sumatra utara
b. Sumatra selatan
c. Sumatra barat
3. suku sunda berasal dari daerah……
a. Jawa Tengah
b. Jakarta
c. jawa barat
4. keramahtamahan orang Indonesia bias terlihat pada waktu…….
a. menghadiri undangan
b. memuang sampah pada tempatnya
c. menjamu tamu
5. Tari yang berasal dari daerah bali adalah……
a. Pendet b. gamyong c. serimpi
Penilaian Afektif
Bentuk Soal : Esai
1. Bagaimana cara kamu menghargai budaya dari daerah lain ?
2. Menurutmu, perlukah kita mengenal budaya dari daerah lain ?
3. Bagaimana cara kalian untuk menjaga kelestarian Sumber daya alam ?
4. Bagaimana Sikap kita menghadapi orang-orang yang suka menunda-nunda pekerjaan?
5. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai siswa SD untuk memperbaiki keadaan Indonesia saat ini.
Penilaian Civic Skill
Bentuk soal : Esai
Sebutkanlah hal-hal kecil dan sederhana yang dapat kamu lakukan untuk Indonesia lebih baik.
Saya Bisa Melakukan……………..
Untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik
1.
2.
3.
4.
5.
KELAS IV
Standar Kompetensi : menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungan
Semester : II ( dua )
Penilaian Kognitif
Bentuk Soal : Esai ( jawaban singkat )
1. Bersikap jujur dan adil merupakan cerminan dari sila ke ..…..
2. Makna dari semboyan Negara kita adalah……..
3. Pasal 33 UUD 1945 mengatur tentang…….
4. Hasil musyawarah harus dipertanggung jawabkan secara moral kepada……..
5. Kita adalah mahluk ciptaan Tuhan. Oleh karena itu, kita wajib taat dengan cara…..
Penilaian Afektif
Bentuk Soal : Uraian
1. Apa yang kamu lakukan jika sedang bekerja kelompok, tiba-tiba temanmu minta izin untuk melaksanakan sholat ?
2. Apa yang kamu lakukan apabila melihat korban bencana ?
3. Apa tindakanmu jika melihat temanmu jatuh dari sepeda ?
4. Apa saja yang kamu lakukan sebagai wujud bakti kepada orang tua ?
5. Bagaimana caramu melaksanakan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari ?
Penilaian Civic Skill
Bentuk Soal : Rating Scale
Sebagai mahluk ciptaan Tuhan, kita harus beribadah kepada-Nya. Banyak macam ibadah yang dapat kita lakukan. Sudahlah kamu melakukan hal-hal di bawah ini ?
No Perilaku Sudah Belum
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10. Rajin beribadah
Berbakti kepada orang tu
Menyantuni anak yatim
Membuang sampah pada tempatnya
Melaksanakan jadwal piket
Belajar dengan rajin
Percaya pada kemampuan sendiri bila mengerjakan PR
Tidak menyakiti teman
Membantu temanmu yang sedang kesusahan
Menghormati teman yang beragama lain
KELAS V
Standar Kompetensi : Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
Semester : I ( satu )
Penilaian Kognitif
Bentuk Soal : Jawaban Singkat
1. Peraturan daerah kabupaten / kota dibuat oleh…….
2. Peraturan pusat wajib ditaati dan dilaksanakan oleh……..
3. Yang berhak mensyahkan sebuah undang-undang adalah……….
4. Peraturan perundang-undangan Indonesia yang tertinggi adalah……..
5. Lembaga yang berhak membuat rancangan peraturan daerah tingkat I adalah………
Penilaian Afektif
Bentuk Soal : Esai
1. Mengapa kita perlu mentaati peraturan ?
2. Sebutkan beberapa cara yang dilakukan masyarakat untuk menolak undang-undang yang berlaku !
3. Bagaimana peran serta masyarakat dalam pembuatan sebuah peraturan atau undang-undang ?
4. Sebutkan cara kamumelaksanakan aturan di masyarakat !
5. bagaimana sikap kita terhadap sebuah peraturan ?
Penilaian Civic Skill
Bentuk Soal : Cheklis
Berilah tanda centang pada kolom ya jika sudah dilaksanakan dan kolom tidak apabila belum dilaksanakan
No Peraturan Pelaksanaan
Ya Tidak
1. Menjaga alam
2. Membuat kartu tanda penduduk
3. Menjaga fasilitas umum
4. Membayar restribusi sampah
5. Mempunyai akte kelahiran
KELAS V
Standar Kompetensi : Memahami system pemerintahan Republik Indonesia
Semester : I ( satu )
Penilaian Kognitif
Bentuk Soal : Jawaban Singkat
1. Dalam melaksanakan kewajibannya presiden dibantu oleh seorang………..
2. Tugas pokok Direktur Jenderal adalah………
3. Camat dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepad…………
4. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia adalah tugas . . . . . .
5. Unsur pengawasan dalam organisasi departemen adalah. . . . . . . . .
Penilaian Afektif
Bentuk Soal : Uraian
1. Bagaimana peran pemerintah pusat dalam memanfaatkan kekayaan alam di daerahmu?
2. Bagaimana cara pemilihan kepala daerah wan wakil kepala daerah di tempat tinggalmu ?
3. Mengapa DPRD termasuk unsure pemerintahan daerah ? Jelaskan !
4. Apa pendapatmu jika mendengar wakil rakyat banyak yang melakukan korupsi ?
5. Bagaimana cara kalian untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita ?
Penilaian Civic Skill
Bentuk Soal : Esai
Carilah sumber-sumber kekayaan yang ada di daerah mu yang menjadi sumber keuangan daerahmu agar bias membantu pembangunan di daerahmu !
No Sumber Kekayaan Alam Manfaat Sumber Kekayaan Alam Tersebut
1.
2.
3.
4.
5.