Kamis, 03 Juli 2008

TO 1 SAMPAI 5 PKN-SUTRISNO-282007021-PO7SIB-BLR

NAMA : SUTRISNO
NIM : 282007021
KELAS : PO7S1B

TUGAS TO 1
MATA KULIAH : PKN SD

TUGAS Tutorial Online ( TO 1 )
1. Tri Pusat Pendidikan
a. Informal
Nama Lembaga :
- Keluarga
Pembelajar :
- Ayah ( Kep. Keluarga ), Ibu ( Guru ), Anak ( Siswa )
b. Formal
Nama Lembaga :
- TK, SD, SLTP, SMU, Perguruan Tinggi
Pembelajar :
- Siswa / Mahasiswa, Dosen / Guru
c. Non Formal
Nama Lembaga :
- Bimbingan Belajar, Kursus, Sanggar Belajar,
Pembelajar :
- Tutor ( Pengajar ), Peserta ( Siswa / Subyek Belajar )
2. Proses terjadinya belajar
a. Menurut Gagne
Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara “ Kondisi Eksternal Belajar Siswa “ yang dimunculkan dalam acara pembelajaran dengan “ Kondisi Internal Siswa “ yang meliputi struktur berpikir kognitif ( pengetahuan awal siswa ) sehingga mewujudkan hasil belajar berupa informasi verbal, keterampilan intelek, keterampilan motorik, keterampilan bersikap, serta menentukan siasat kognitif untuk mendapat pengetahuan yang terstruktur.
b. Menurut Piaget
Proses belajar terjadi dengan melalui tiga tahap yaitu tahap Asimilasi ( mengintegrasikan pengetahuan baru dengan struktur mental ), tahap Akomodasi ( menstrukturkan kembali mental dengan informasi / pengetahuan baru ), tahap Equilibrasi ( penyeimbangan dan penyesuaian antara asimilasi dan akomodasi ). Sehingga menurut Piaget belajar itu terjadi dengan adanya penstrukturan pengetahuan lama untuk mangasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan baru sesuai dengan perkembangan intelektual siswa.
c. Menurut Ausubel
Proses belajar terjadi jika bahan ajar ( materi ) mempunyai kebermaknaan bagi siswa terkait dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya sehingga belajar tidak tergantung dari proses, media, atau metode namun lebih ditentukan oleh kebermaknaan bahan ajar ( materi ).
3. Metode Ekspositori Bermakna
Dalam metode ini guru sudah mempersiapkan bahan ajar yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan menyiapkan media serta alat peraga yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran sehingga siswa hanya menerima apa yang disajikan oleh guru. Namun dengan kebermaknaan materi seperti yang diungkapkan oleh Ausubel maka metode dan media serta alat peraga apapun yang digunakan akan dapat dipahami oleh siswa secara otomatis karena bahan ajar sudah bermakna ( sesuai dengan kebutuhan siswa ).
4. Asosiasi Stimulus – Respon didasarkan pada tiga hukum yaitu :
a. Hukum Kesiapan :
- Jika siswa ingin bertindak dan dilaksanakan maka dia puas serta tidak mencari tindakan lain
- Jika siswa ingin bertindak dan tidak dilaksanakan maka dia tidak puas serta mencari tindakan lain
- Jika siswa tidak ingin bertindak “ x “ tapi dia melakukan tindakan “ x “ tersebut maka dia tidak puas serta mencari tindakan lain
b. Hukum Latihan :
- Jika siswa diberi latihan / pengulangan yang disebut Drill( sebagai stimulus ) dengan ganjaran maka dia akan menjawab ( sebagai respon ) sehingga dapat meningkatkan prestasinya
c. Hukum Akibat :
- Jika siswa belajar mengharap sesuatu dan terwujud harapannya maka semangatnya akan meningkat dan sebaliknya jika siswa belajar tetapi hasilnya tidak sesuai harapannya maka semangatnya akan berkurang.


















NAMA : SUTRISNO
NIM : 282007021
KELAS : PO7S1B

TUGAS TO 2
MATA KULIAH : PKN SD


TUGAS Tutorial Online ( TO 2 )
Analisis Materi PKn :
Kelas 1
Standar Kompetensi :
Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah
Analisis Muatan Materi :
a. Konsep : Menghargai Hak Anak
- Merupakan nama konsep untuk menghargai hak anak
- Contoh ; Menjelaskan hak dan kewajiban anak, orang tua, dan guru
- Ciri – cirinya, memberikan kebebasan pada anak untuk mengajukan pendapat, untuk bermain, dan bersekolah
- Aturannya merupakan hubungan antara anak dengan orang tua serta guru dan masyarakat sesuai dengan hak dan kewajiban masing – masing
b. Nilai : Menghargai hak anak merupakan perwujudan WNI yang baik
c. Moral : Diperlukan sikap dan perilaku yang sadar hak dan kewajiban
d. Norma : Untuk menumbuhkan kesadaran tsb diatas maka diperlukan norma kesopanan, kebiasaan, hukum, dan kesusilaan
e. Tujuan : Membentuk WNI yang baik serta menghargai hak anak
Kelas 2
Standar Kompetensi :
Menampilkan sikap demokrasi
Analisis Muatan Materi :
a. Konsep : Menerapkan pola hidup demokrasi
- Merupakan nama konsep suka kebebasan
- Contoh ; suka musyawarah, memberi peluang pada teman, menghargai pendapat orang lain
- Ciri – cirinya, berkumpul bersama, berpendapat, voting
- Aturannya bersifat curah pendapat, aklamasi, dan suara terbanyak
b. Nilai : Hidup memberi kebebasan bersuara dan tidak diktator
c. Moral : Untuk menciptakan suasana demokrasi dituntut tidak berlaku diskriminasi gender pada anak
d. Norma : Untuk demokrasi diperlukan norma kebiasaan dan kesopanan
e. Tujuan : Membentuk WNI yang baik terbiasa hidup demokrasi
Kelas 3
Standar Kompetensi :
Bangga sebagai bangsa Indonesia
Analisis Muatan Materi :
a. Konsep : Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
- Merupakan nama konsep bangga kepada bangsanya
- Contoh ; memakai produk dalam negeri, menampilkan budaya bangsa
- Ciri – cirinya, membawa bendera merah putih jika ke negara lain
- Aturannya merupakan hubungan antar individu, bangsa dengan negara, manusia atas dasar keteguhan hati
b. Nilai : Memantapkan perasaan hati dan bangga sebagai bangsa Indonesia
c. Moral : Dapat menyatakan rasa cinta pada tanah air
d. Norma : Untuk mematuhinya diperlukan norma kebiasaan, kesopanan, agama dan kesusilaan
e. Tujuan : Membentuk WNI yang baik, bangga sebagai bangsa Indonesia
Kelas 4
Standar Kompetensi :
Memahami sistem pemerintahan desa dan kecamatan
Analisis Muatan Materi :
a. Konsep : Mpy wawasan tentang sistem pemerintahan desa dan kecamatan
- Merupakan nama konsep sistem pemerintahan desa dan kecamatan
- Contoh ; sistem pemilihan kepala desa, serta perangkat desa
- Ciri – cirinya, mengikuti keg. desa dan menghargai aturannya
- Aturannya merupakan hub moral
b. Nilai : Mengetahui struktur dan sistem serta mematuhinya
c. Moral : Mpy moral yang paham pada sistem
d. Norma : Norma kebiasaan, kesopanan, agama, hukum, kesusilaan
e. Tujuan : Membentuk WNI yang baik dan memahami desa dan kecamatan
Kelas 5
Standar Kompetensi :
Memahami pentingnya keutuhan NKRI
Analisis Muatan Materi :
a. Konsep : Keutuhan NKRI
- Merupakan nama konsep sejarah perjuangan bangsa
- Contoh ; bersatu dengan teman meskipun lain daerah atau agama
- Ciri – cirinya, suka berteman banyak, bekerja sama
- Aturannya sikap moral dan perilaku bersatu dengan teman dari daerah yang berbeda
b. Nilai : Perilaku mengutamakan teman untuk menjaga keutuhan NKRI
c. Moral : Perlu mpy jiwa persatuan sejak dini
d. Norma : Norma agama, hukum, kebiasaan dan kesopanan
e. Tujuan : Membentuk WNI yang baik menjaga keutuhan NKRI
Kelas 6
Standar Kompetensi :
Memahami sistem pemerintahan RI
Analisis Muatan Materi :
a. Konsep : Paham terhadap sistem pemerintahan RI
- Contoh ; bisa memahami adanya pemilu, pilkada, DPR, DPRD
- Ciri – cirinya, ingin mengetahui tentang apa, mengapa dan bagaimana pemilu, pilkada, DPR, DPRD
- merupakan hub antar individu dengan bangsa dan negaranya
b. Nilai : Memantapkan keingintahuan tetang kondisi pemeriintahannya
c. Moral : Dapat menyatakan rasa senang pada sistem pemerintahanya
d. Norma : Norma kebiasaan, kesopanan, agama, dan kesusilaan
e. Tujuan : Membentuk WNI yang baik shg memahami sistem
pemerintahan RI











NAMA : SUTRISNO
NIM : 282007021
KELAS : PO7S1B

TUGAS TO 3
MATA KULIAH : PKN SD

TUGAS Tutorial Online ( TO 3 )
A. Materi : Membiasakan Hidup Gotong Royong
Kelas : II
Semester : 1
Model pembelajaran :
- Model induktif
Metode pembelajaran :
- Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
Langkah – langkah pembelajaran :
- Setelah siswa melakukan doa bersama guru mulai melakukan kegiatan pembelajaran.
- Pertama , bertanya tentang desa dimana anak - anak tinggal.
- Kemudian guru bertanya lagi apakah siswa pernah membersihkan selokan sekitar rumah.
- Siswa menjawab.
- Guru meneruskan pertanyaan, apakah kegiatan bersih desa itu dilakukan secara bersama – sama atau sendirian.
- Siswa menjawab, jika jawaban siswa dilakukan bersama – sama maka pertanyaan dilanjutkan kembali.
- Pertanyaannya tentang siapa saja yang ikut.
- Siswa menjawab
- Selanjutnya guru bertanya apakah beban pekerjaan siswa semakin berat atau ringan.
- Siswa menjawab semakin ringan.
- Kemudian guru menampilkan berbagai gambar. Guru bertanya apakah kegiatan dalam gambar itu dapat dilakukan secara bersama – sama atau tidak.
- Siswa menjawab “ Ya “.
- Kemudian siswa bersama – sama guru menarik kesimpulan tentang arti kegiatan bersama – sama itu.
- Guru menegaskan pentingnya hidup gotong royong
Media pembelajaran :
- Gambar – gambar kegiatan gotong royong
Alat penilaian :
- Penilaian Proses dengan :
a. Tes Lisan
b. Pengamtan ( Skala Sikap )
- Penilaian Hasil :
a. Tes tulis ( LKS )
b. Penugasan
B. Materi : Peran Politik Luar Negeri Indonesia Dalam Era Globalisasi.
Kelas : VI
Semerster : 2
1. Model pembelajan :
- Model Simulasi
2. Metode pembelajaran :
- Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan
3. Langkah – langkah pembelajaran :
- Siswa melakukan doa bersama guru mulai melakukan kegiatan pembelajaran..
- Siswa menonton video peran Indonesia di era globalisasi
- Guru menjelaskan peran luar negeri Indonesia
- Guru meminta siswa berdiskusi tentang salah satu peran politik luar negeri Indonesia ( Contoh :Pengiriman pasukan Garuda ke Palestina tahun 2006 )
- Guru menegaskan pentingnya politik luar negeri di era globalisasi
- Guru meminta siswa untuk membuat kliping tentang politik luar negeri di era globalisasi
4. Media pembelajaran:
- Video politik luar negeri Indonesia
5. Alat penilaian :
- Penilaian Proses :
a. Tes Lisan ( Diskusi )
b. Portofolio
- Penilaian Hasil :
a. Tes Tulis ( LKS )
b. Penugasan
















NAMA : SUTRISNO
NIM : 282007021
KELAS : PO7S1B

TUGAS TO 4
MATA KULIAH : PKN SD

TUGAS Tutorial Online ( TO 4 )
I.TES PKN
Kelas : III
Semester : 1
I.)
1. Pada waktu dulu Indonesia dijajah karena…..( kognitif )
2. Bangsa Indonesia mudah dijajah karena …..( kognitif )
3. Keadaan bangsa Indonesia waktu dijajah…….( kognitif )
4. Sumpah pemuda dicetuskan oleh para pemuda Indonesia pada saat….( kognitif )
5. Pada waktu itu organisasi pemuda dalam berjuang…..( kogniti )
6. Negara yang pernah menjajah Indonesia misalnya…..( kognitif )
7. Jong Celebes adalah perkumpulan pemuda berasal dari pulau ….( kognitif )
8. Pencipta lagu kebangsaan Indonesia rayfektifa adalah…..( kognitif )
9. Kita harus bangga dengan adanya Supah Pemuda karena …(kognitif )
10. Meskipun peristiwa sumpah pemuda sudah lama berlalu tapi ….( kognitif )
II.)
1. Membeikan pertolongan kepada orang lain disertai dengan rasa ....(afektif )
2. Guru melarang kami bekerja sama dalam hal…( psikomotorik )
3. Ketika ibu membersihkan rumah , seharysnya kita….( psikomotorik )
4. Kita harus rela mengorbankan kepentingan pribadi , untuk kepentingan… (afektif )
5. Bagaimana bila kamu dimintai sumbangan untuk para korban bencana alam?
( psikomotorik )
II. ALAT PENILAIAN
Kelas : I
Semester : 1
1. Standar Kompetensi : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
Uraian kognitif : Mengenal arti kerukunan dalam kondisi yang berbeda
Uraian afektif : Menghayati sikap rukun dala kondisi berbeda
Uraian psikomotorik : Membiasakan hidup rukun dengan siapapun.
Penilaian : lisan dan tertulis
2. Standar kompetensi : Membiasakan tertib dirumah dan disekolah.
Uraian kognitif : Mengetahui hak anak dirumah dan disekolah
Uraian afektif : Memiliki sikap hidup tertib dalam mematuhi aturan di rumah dan di sekolah.
Uraian psikomotorik : Membiasakan diri melaksanakan kegiatan menurut peraturan yang berlaku.
Penilaian : lisan , tulis, pengamatan
Semester : 2
1. Standar kompetensi : Menerapkan hak anak dirumah dan disekolah.
Uraian kognitif : Mengetahui hak anak dirumah dan disekolah
Uraian afektif : Menghayati dirinya mempunyai hak diruah dan disekolah
Uraian psikomotorik : Membiasakan diri menggunakan haknya dirumah dan disekolah dengan baik.
Penilaian : Tes lisan , tertulis , pengamatan
2. Standar kompetensi : Menerapkan kewajiban anak diruah dan disekolah.
Uraian kognitif : Mengetahui berbagai bentuk kewajiban dirumah dan disekolah.
Uraian afektif : Mempunyai sikap hidup untuk mematuhi kewajiban dirumah dan disekolah.
Uraian psikomotorik : Membiasakan diri hidup dengan menatuhi kewajiban dirumah dan disekolah.
Penilaian : Pengamatan
Kelas : II
Semester : 1
1. Standar kompetensi : Membiasakan hidup kegotongroyongan.
Uraian kognitif : Mengenal berbagai bentuk kegiatan gotong royong dalam rumah sekolah dan masyarakat.
Uraian afektif : Menghayati perlunya gotong royong dalam suatu kegiatan.
Uraian Psikomotorik : Meltih diri untu berperan dalam kegiatan gootong royong di ruah , sekolah dan di sekolah.
Penilaian : Lisan, Portofolio, Tulis, Tugas
2. Standar kompetensi : Menampilkan sikap cinta lingkungan .
Uraian kognitif : Mengetahui perlunya mencintai lingkungan.
Uraian afektif : Mebisakan hidup dengan cinta lingkungan.
Uraian psikomotorik : Memberi contoh perlunya cinta lingkungan.
Penilaian : lisan, portofolio, pengamatan, karya wisata, dialog.
Semester : 2
1. Standar kompetensi : Menampilkan sikap demokrasi.
Uraian kognitif : Mengetahui perlunya hidup dalam suasana deokrasi.
Uraian afektif : Membiasakan diri menghormati pendapat orang lain.
Uraian psikomotorik : Melakukan pemecahan masalah dengan musyawarah mufakat baik dirumah maupun dengan teman.
Penilaian : lisan, pengamatan dan penugasan.
2. Standar kompetensi : Menampilkan nilai-nilai Pancasila.
Uraian kognitif : Mengenal perlunya kesadaran terhadap nilai- nilai Pancasila.
Uraian afektif : Menghayati nilai – nilai Pancasila dalam kehidupnnya.
Uraian psikomotorik : Mengamalkan nilai- nilai Pancasila dalam keidupan sehri hari.
Penilaian : lisan, tanya jawab, skala sikap
Kelas : III
Semester : 2
1. Standar kometensi : Memiliki harga diri sebagai individu.
Uraian kognitif : Membiasakan menempatka dirinya sebagai individu dalam masyarakat.
Uraian psikomotorik : Mengakui kelebihan dan kekurangan dirinya sebagai individu.
Penilaian : Kinerja, tes tulis, pengmaatan, portofolio.
2. Standar kompetensi : Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.
Uraian kognitif : Mengenal perlunya dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia.
Uraian afektif : Menyadari bahwa dirinya adalah bangsa di wilayah Indonesia.
Uraian psikomotorik : Bangga menggunakan produk dalam negeri.
Penilaian : pengamatan
Semester : 1
1.Standar kompetensi : Mengamalkan makna sumpah pemuda.
Uraian kognitif : Mengetahui sejarh terjadinya sumpah pemuda.
Uraian afektif : Mengargai jasa pahlawan pencetus sumpah pemuda.
Uraian psikomotorik : Mengadakan peringatan hari supah pemuda.
Penilaian : Kinerja , tes tulis , pengamatan , portofolio.
2. Standar kompetensi : Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
Uraian kognitif : Mengenal norma norma yang berlaku dalam masyarakat.
Uraian afektif : Menghargai norma yang ada di masyarakat.
Uraian psikomotorik : Membiasakan diri melakukan norma yang ada di masyarakat.
Penilaian : pengamatan , skala sikap.
Kelas : IV
Semester : 1
1. Standar kompetensi : Memahami system pemerintahan desa dan kecamatan.
Uraian kognitif : Mengenal perlunya sistemyang ada didesa , kecamatan.
Uraian afektif : Membiasakan bersikap sesuaia dengan system yang berlaku di desa, kecamatan.
Uraian psikomotorik : Mematuhi semua system yang ada di desa , kecamatan.
Penilaian : Tanya jawab, tes tulis,lisan, kliping.
2. Standar kompetensi : Memahami system pemerintahan kabupaten kota dan propinsi.
Uraian kognitif : Mengenal system pemerintahan yang ada di kota,kabupaten, dan propinsi.
Uraian afektif : Menyadari adanya system peerintahan kota dan propinsi.
Uraian psikomotorik : Melakukan siste pemerintahan yang ada di kota dan propinsi.
Penilaian : Tanya jawab, tes tulis, lisan , kliping , portofolio.
Semester : 2
1. Standar kompetensi : Mengenal pemerintahan tingkat pusat.
Uraian kognitif : Mengenal lembaga tertinggi Negara yang ada di Indonesia
Uraian afektif : Menyadari adanya peraturan yang diatur oleh system pusat.
Uraian psikomotorik : Memauhi dengan tertib aturan yang dilakukan oleh pusat.
Penilaian : Tanya jawab, tes tulis, lisan, kliping, portofolio.
2. Standar kompetensi : Menunjukan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Uraian kognitif : Mengenal perlunya kemauan untuk mrnyesuaikan diri dengan era globalisasi.
Uraian afektif : Membiasakan diri bersikap menyesuaikan dengan globalisasi.
Uraian psikomotorik : Memanfaatkan teknologi modern dalam era globalisasi.
Penilaian : Tanya jawab , tes tulis, kliping, sikap berteknologi.
Kelas : V
Semester : 1
1. Standar kompetensi : Memahami pentingnya keutuhan NKRI
Uraian kognitif : Mengetahui perlunya enjga keutuhan NKRI
Uraian afektif : Menampilkan sikap perilaku yang mencerminkan sikap pentingnya NKRI.
Uraian psikomotorik : Mencegah perpecahan NKRI
Penilaian : Tanya jawab , tes tulis , kliping , sikap nasionalisme.
2. Standar kompetensi : Mematuhi peraturan perUU tingkat pusat dan daerah.
Uraian kognitif : Mengenal peraturan per UU yang ada di daerah dan pusat.
Uraian afektif : Ikut berperan dalam mensosialisasikan peraturan per UU yang ada di daerah dan masyarakat.
Uraian psikomotorik : Melakukan dengan disiplin UU yang ada di daerah dan pusat.
Penilaian : Tanya jawab, tes tulis , lisan, kliping, sikap nasionalisme
Semester : 2
1. Standar kompetensi : Memahami kebebasan berorganisasi.
Uraian kognitif : Mengetahui pentingnya berorganisasi.
Uraian afektif : Menghargai kebebasan berorganisasi.
Uraian psikomotorik : Ikut aktif dalam organisasi yang ada di sekolah.
Penilaian : Tanya jawab, tes tulis, tes lisan, sikap aktif berorganisasi.
2. Standar kompetensi : Menghargai keputusan bersama.
Uraian kognitif : Mengetahui perlunya hasil keputusan musyawarah.
Uraian afektif : Menampilkan sikap/perilaku terhadap kekalahan.
Uraian psikomotorik : Aktif mengikuti peilihan ketua kelas.
Penilaian : Tanya jawab, tes tulis , tes lisan, , sikap.
Kelas : VI
Semester : 1
1. Standar kompetensi : Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara.
Uraian kognitif : Mengetahui sejarah perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Uraian afektif : Mengenang jasa pahlawan yang ikut dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Uraian psikomotorik : Mengamalkan nilai Pancasila hasil perjuangan para pahlawan terdahulu.
Penilaian : Tanya jawab, tes tulis , tes lisan, kliping, sikap.
2. Standar kompetensi : Memahami system pemerintahan Republik Indonesia.
Uraian kognitif : Mengetahui system pemerintahan Republik Indonesia sesuai dengan UUD 45 hasil amandemen.
Uraian afektif : Menyadari pentingnya amandemen.
Uraian psikomotorik : Melakukan perubahan UUD 45 dalam system pemerintahan.
Penilaian : Tanya jawab, tes tulis , tes lisan, kliping.
Semester : 2
1. Standar kompetensi : Memahami peran Indonesia dalam lingkungan Negara Asia Tenggara.
Uraian kognitif : Mengenal perlunya ikut berperan dalam lingkungan Asia Tenggara.
Uraian afektif : Membiasakan diri untuk menyadari adanya kerja sama antar Negara di Asia Tenggara.
Uraian psikomotorik : Memanfaatkan kesempatan hasil hubungan dengan Negara-negara di Asia Tenggara.
Penilaian : Tanya jawab, tes tulis , tes lisan, kliping.
2. Standar kompetensi : Memahami peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Uraian kognitif : Mengetahui perlunya politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Uraian afektif : Menyadari pentingnya politik luar negeri Indonesia.
Uraian psikomotorik : Ikut berperan aktif dalam kegiatan politik luar negeri Indonesia.
Penilaian : Tanya jawab, tes tulis , tes lisan, kliping.