Kamis, 26 Juni 2008

TO 2 DAN 3 PKN NIM:282007022- DASRI- SWA

NAMA : B DASRI
NIM : 282007022
KELAS: SWA

TUGAS TO 2 PKN

1. Analisis materi PKn SD, ditinjau dari Konsep, Nilai, Moral, dan Norma untuk membentuk warga negara yang baik.

Standart Kompetensi
· Melaksanakan aturan yang berlaku dimayarakat.
Konsep
· Menerapkan hidup yang sesuai aturan yang dimasyarakat
Ø Merupakan nama konsep patuh terhadap aturan yang ada.
Ø Misalnya : kerja bakti tiap minggu, siskamling, arisan tiap bulan di RT, membuang sampah pada tempatnya, dll
Ø Ciri-cirinya tertid, sopan, tidak mendiskriminasi, gotong royong, tepat waktu, teladan.
Ø Bersifat mengatur dan berbentuk suri tauladan
Nilai
· hidup berpedoman pada nilai pancasila, aturan adapt dan budaya yang berkembang/ kebiasaan.
Moralitas
· untuk dapat melakukan apa yang menjadi aturan hidup bermasyarakat yang diperlukan kesadaran dan aturan yang ada.
Norma
· Kebiasaan, kesopanan, agama, hukum dan kesusilaan.
Tujuan
· membentuk warga negara yang baik sesuai atuiran dalam masyarakat.

TO 2 SELESAI





TUGAS TO 3 PKN

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

A. Pembelajaran PKn Kelas II SD, Semester 1
Materi : Membiasakan Hidup Gotong Royong

1. Model Pembelajaran yang dipilih : Pembelajaran Tematik
2. Metode Pembelajaran yang digunakan : Ceramah, Tanya Jawab, Diskudi, Tugas.
3. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal.
- Membuka pelajaran dengan berdoa bersama & mengabsen siswa.
- Mengadakan tanya-jawab tentang materi yang lalu untuk memotivasi.
- Memasang alat peraga ( foto / gambar )
B. Kegiatan Inti
o Siswa menyimak materi yang dibacakan dan dijelaskan guru.
o Siswa mendengarkan kaset rekaman Teks Pembukaan UUD 1945.
o Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan kaset agar aktif.
o Siswa diberi kesempatan untuk bertanya setelah gru menjelaskan.
o Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok ( 3/ 4 anak )
o Siswa diberi soal untuk diskusi kelompok.
o Siswa melaporkan hasil kerja kelompok.
o Gueu memimpin diskusi kelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

C. Kegiatan Akhir
- Siswa dibimbing guru membuat resume.
- Siswa mengerjakan soal latihan.
- Guru mengoreksi dan menyimpan hasil evaluasi.
- Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi pesan-pesan kepada siswa.


4. Media Pembelajaran yang digunakan :

5. Alat Penilaian yang digunakan :

B. Pembelajaran PKn Kelas VI SD semester 2
Materi : Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi

2. Model Pembelajaran yang dipilih : Pembelajaran Satuan Pelajaran
3. Metode Pembelajaran yang digunakan : Ceramah, Tanya Jawab, Diskudi, Tugas.
4. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal.
- Membuka pelajaran dengan berdoa bersama & mengabsen siswa.
- Mengadakan tanya-jawab tentang materi yang lalu untuk memotivasi.
- Memasang alat peraga ( foto / gambar )
B. Kegiatan Inti
o Siswa menyimak materi yang dibacakan dan dijelaskan guru.
o Siswa mendengarkan kaset rekaman Teks Pembukaan UUD 1945.
o Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan kaset agar aktif.
o Siswa diberi kesempatan untuk bertanya setelah gru menjelaskan.
o Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok ( 3/ 4 anak )
o Siswa diberi soal untuk diskusi kelompok.
o Siswa melaporkan hasil kerja kelompok.
o Gueu memimpin diskusi kelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

C. Kegiatan Akhir
- Siswa dibimbing guru membuat resume.
- Siswa mengerjakan soal latihan.
- Guru mengoreksi dan menyimpan hasil evaluasi.
- Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi pesan-pesan kepada siswa.

5. Media Pembelajaran yang digunakan :
- Gambar-gambar
- Foto
- Klipping
- Tape recorder
- Kaset

6. Alat Penilaian yang digunakan :
- Bentuk penilaian : Tes
- Tehnik : Tertulis

7. Alat Penilaian :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
1. Apakah tujuan politik luar negeri Indonesia ?
2. Apa saja bentuk perwakilan diplomatik Negara Indonesia di luar negeri ?
3. Apakah perwakilan Konsulat itu ?
4. Apa yang dimaksud hubungan multirateral itu ?
5. Sebutkan 2 perbedaan antara perwakilan Diplomatik dan Konsulat ?


TO Ž selesai !