Senin, 16 Juni 2008

TUGAS TO 2 DAN 3 PKN_EDY TOTOWIBOWO_PJ07S1B_282007146

Kepada Yth Bpk Mawardi
Dosen PJJ S1 PGSD
di
UKSW - SALATIGA

Dengan ini saya kirimkan tugas TO 2 dan 3 PKN, sebelumnya saya minta maaf atas keterlambatan saya dalam mengirim tugas PKN yang Bapak berikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

JAWABAN TO 2 PKN


NAMA : EDY TOTOWIBOWO
NIM : 282007146
KLS : PO7 S1B


Analisis Materi Pkn SD

Standar Kompetensi : menghargai nilai-nilai juang dalam perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

Analisis Muatan Materi

Konsep : menerapkan perilaku hidup sesuia dengan nilai yang dianutnya
a. Merupakan nama konsep suka mengamalkan nilai Pancasila
b. Misalnya ; rajin beribadah sesuai agamanya, suka kegiatan kemanusiaan, menjujung persatuan, berbuat adil.
c. Ciri – cirinya yaitu Khusuk, amal, cinta tanah air, musyawarah, dan adil
d. Aturannya yaitu bersifat suri tauladan sesui nilai Pancasila


Nilai : Hidupberpedoman pada nilai Pancasila, keteladanan, dan pengamalan.
Moral atau Moralitas : Untuk mengamalkan nilai Pancasila, ditutut uyntuk berlaku sesuai jiwa Pancasila.


Norma : Untuk menanamkan nilai moral Pancasila, ditutut untuk berlaku sesuai jiwa Pancasila
Tujuan : Membentuk warga negara yang baik sesuai Pancasila



Standar Kompetensi : Mengamalkan Makna Sumpah Pemuda


Analisis Muatan Materi

Konsep : Menerapkan nilai-nilai Sumpah Pemuda
a. Merupakan nama konsep prilaku hidup rukun dalam hidup bernegara
b. Misalnya ; suka menolong temanya, berteman tanpa membedakan asal usul, bahasa dan agama
c. Ciri – cirinya yaitu suka berteman, senang membantu teman tidak suka perselisihan / pertengkaran
d. Aturannya yaitu sikap moral, hubungan antara manusia tanpa membedakan agama , suku, ras dan bahasa.
Nilai : Mengutamakan kebersamaan dengan persatuan dankesatuan demi keutuhan NKRI
Moral atau Moralitas : Menjunjung tinggi persatuan, menhormati perbedaan mempertebal rasa cinta tanah air.

Norma : Untuk menumbuhkan sikap hidup rukun diperlukan hidup saling membantu, kebiasan, norma, baik dirumah maupun di sekolah
Tujuan : Membentuk warga negara yang baik dengan membiasakan berteman dan saling membantu demi persatuan kesatuan NKRI



Standar Kompetensi : Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat

Analisis Muatan Materi

Konsep : Memahami sistem pemerintahan indonesia
a. Merupakan nama konsep sistem pemerintahan pusat
b. Misalnya ; bisa memahami adanya pemilu, pilkada, DPR, DPD. Tugas dan fungsi pemerintah
c. Ciri – cirinya yaitu ingin mengetahui apa, mengapa, bagaimana Pemilu, Pilkada, DPR / PPD, serta lembaga- lembaga negara
d. Aturannya yaitu merupakan hubungan antar individu dengan bangsa dan lembaga negara atas dasar keteguhan hati
Nilai : Memantapkan perasaan hati ingin mengetahui kondisi pemerintahan dan negara merupakan tindakan yang terpuji karena sesuai dengan nilai yang ada di negaranya.
Moral atau Moralitas : Dapat menyatakan rasa senang pada sistem pemerintahan di negaranya


Norma : Untuk memahami dan mematuhi sistem diperlukan norma kebiasaan, kesopanan, agama , dan kesusilaan
Tujuan : Membentuk warga negara yang baik, sehingga memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia





JAWABAN TO 3 PKN

N A M A : EDY TOTOWIBOWO
N I M : 282007146
KELAS : PJO7S1B

SOAL
A. Anda akan membelajarkan materi “Membiasakan Hidup Gotong Royong “ pada kelas II SD semester I.


1. Model pembelajaran apa yang Anda pilih?
2. Metode pembelajaran apa yang Anda gunakan?
3. Langkah-langkah apa yang Anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?
4. Media pembelajaran apa yang Anda gunakan?
5. Alat penilaian apa yang Anda terapkan?


JAWABAN

A. ”Membiasakan Hidup Gotong Royong”

Kelas : II
Semester : I
Materi : Membiasakan Hidup Rukun di Rumah dan Sekolah
Tema : Diri Sendiri
1. Model pembelajaran yang dipilih seorang guru adalah model pembelajaran Tematik yaitu suatu model pembelajaran yang menggabungkan/mengaitkan mata pelajaran satu dengan lainnya (penggabungan beberapa mata pelajaran) dalam satu tema, sehingga pada sata memulai pelajaran guru tidak perlu menanyakan jadwal mata pelajaran tertentu.
Contohnya : dalam satu tema misalkan ”Diri Sendiri” seorang guru dapat menjelaskan mata pelajaran PKn ”Membiasakan Hidup Gotong Royong” kemudian terkait dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia ”Membaca dan Menulis” bahkan dengan mata pelajaran KTK ”Bermain dan Bernyanyi”
2. Metode pembelajaran yang digunakan adalah :
a. Tanya jawab
b. Diskusi kecil
c.Tugas Kelompok
d. Bermain peran/simulasi
3. Langkah yang dapat ditempuh dalam melaksanakan metode pembelajaran tersebut adalah
a. Kegiatan Awal
· Guru dan siswa berdo’a bersama-sama.
· Apersepsi : guru bertanya ”Siapakah yang pernah ikut gotong royong”, siswa menjawab dengan berbagai jawaban yang bervariasi.
· Guru memberi contoh kecil ”gotong royong” yang dipraktekkan siswa langsung yaitu dengan menyuruh beberapa siswa maju untuk mengangkat meja sendiri-sendiri, kemudian menyuruh siswa mengangkat meja bersama-sama.
b. Kegiatan Inti
· Guru mulai menjelaskan mengenai materi Hidup Rukun di Rumah dan Sekolah.
· Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa.
· Guru membagikan lembaran tugas kepada masing-masing kelompok.
· Siswa mengerjakan tugas dari guru, guru mengarahkan dan memberi motivasi.
· Setelah pekerjaan siswa selesai guru mengevaluasinya.
c. Kegiatan Akhir
Pemantapan : dengan memberi tugas mandiri/PR.
4. Media dan Sumber Pembelajaran yang digunakan :
a. Media :
1. Gambar
2. Lembar tugas
b. Sumber Bahan :
1. Buku PKn Kelas II, Erlanga KTSP 2006
2. Kurikulum KTSP Mapel PKn Kls II
3. Buku penunjang yang relevan
5. Alat Penilaian yang digunakan :
Soal-soal evaluasi dalam bentuk tertulis.

B. Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi pada kelas VI SD semester 2.
1 Model pembelajaran apa yang Anda pilih?
2 Metode pembelajaran apa yang Anda gunakan?
3 Langkah-langkah apa yang Anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?
4 Media pembelajaran apa yang Anda gunakan?
5 Alat penilaian apa yang Anda terapkan?

JAWABAN :

B. Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi
Kelas : VI
Semester : II

Materi : Dampak Globalisasi

Model Pembelajaran yang dipilih adalah Satuan Pelajaran

Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Diskusi
d. Pemberian tugas

Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru mengadakan tanya jawab sebagai awal pelajaran
b. Kegiatan Inti
o Guru menjelaskan materi pelajaran mengenai dampak globalisasi.
o Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
o Guru membagikan lembar pekerjaan siswa, siswa memecahkan masalah dengan diskusi kelompok.
o Diskusi kelas dibimbing oleh guru, kemidian siswa menyimpulkan.
o Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi secara lisan/tertulis.
c. Kegiatan Akhir
o Memajang hasil lembar kerja
o Post test
o Pemberian tugas siswa di rumah

Media/Sumber Pembelajaran yang digunakan
a. Kurikulum 2006 Mapel PKn Kls VI
b. Buku PKn Kls VI, Erlangga
c. Buku penunjang yang relevan
d. Gambar-gambar

Alat Penilaian
a. Teknik : Tes Tertulis
b. Prosedur : Klasikal
c. Bentuk : Isian
d. Instrumen : Soal Evaluasi