Kamis, 19 Juni 2008

Jawaban TO 2, 3, 4 PKn

Pak Mawardi...
Ini saya kirimkan jawaban TO 2, 3, 4 PKn, sebagai pelaksanaan tugas yang telah diberikan.

Jawaban TO 2 PKn

Nama : Mohammad Noor Sholihin

Kelas : PO7SIB

NIM : 282007008

Kabupaten : Blora


1. Pengertian Konsep, Nilai, Moral Dan Norma

a) Pengertian dan Makna Konsep dalam Pembelajaran PKn
Konsep adalah suatu pernyataan yang masih bersifat abstrak/pemikiran untuk mengelompokkan ide-ide atau peristiwa yang masih dalam angan-angan seseorang. Setiap konsep memiliki nama, contoh positif, contoh negatif, dan ciri. Meski belum diimplementasikan, konsep yang bersifat positif memiliki makna yang baik. Begitu pula sebaliknya, jika konsep tersebut bersifat negatif maka juga akan memiliki makna negatif pula.

b) Pengertian Nilai dalam Materi PKn

Pengertian nilai adalah harga, makna, isi dan pesan, semangat, atau jiwa yang tersurat dan tersirat dalam fakta, konsep, dan teori, sehingga bermakna secara fungsional. Disini, nilai difungsikan untuk mengarahkan, mengendalikan, dan menentukan kelakuan seseorang, karena nilai dijadikan standar perilaku. PKn SD merupakan mata pelajaran yang berfungsi sebagai pendidikan nilai, yaitu mata pelajaran yang mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila /budaya bangsa.


c) Pengertian Moral Dalam Materi Pkn

moral/moralitas adalah suatu tuntutan perilaku yang baik yang dimiliki

oleh individu sebagai moralitas, yang tercermin dalam pemikiran /kon-

sep, sikap, dan tingkah laku. Dalam pembelajaran PKn, moral sangat

penting untuk ditanamkan pada anak usia SD, karena proses pembelaja-

ran PKn SD memang bertujuan untuk membentuk moral anak, yaitu moral yang sesuai dengan nilai falsafah hidupnya.

d) Pengertian Norma dalam materi PKn
Norma adalah tolok ukur/alat untuk mengukur benar salahnya suatu sikap dan tindakan manusia. Norma juga bisa diartikan sebagai aturan yang berisi ramburambu yang menggambarkan ukuran tertentu, yang di dalamnya terkandung nilai benar/salah. Dalam bahasa Inggris, norma diartikan sebagai standar. Di samping itu, norma juga bisa diartikan kaidah atau petunjuk hidup yang digunakan untuk mengatur perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara. Norma yang berlaku di masyarakat Indonesia ada lima, yaitu (1) norma agama, (2) norma susila, (3) norma kesopanan, (4) norma kebiasaan, dan (5) norma hokum

2. Cara Menganalisis Materi Pkn SD Dalam Kurikulum 2006 Ditinjau Dari Konsep,Nilai,Norma,Moral,Dan Norma Untuk Membentuk Warga Negara Yang Baik.

STANDAR KOMPETENSI :

Menghargai nilai-nilai juang dalam perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
ANALISA MUATAN MATERI
1. KONSEP :

Menerapkan nilai-nilai juang dalam perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

a) Merupakan nama konsep menghargai musyawarah, menghargai keputusan bersama, meneladani nilai perjuangan.

b) Misalnya musyawarah untuk mufakat,semangat kebersamaan, rela berkorban dan menghargai keputusan bersama.

c) Ciri-cirinya yaitu, cinta tanah air, musyawarah, lapang dada, semangat persatuan dan kesatuan.

d) Aturanya, yaitu bersifat suri tauladan sesuai dengan cita cita kemerdekaan.



2. NILAI :

Hidup berpedoman pada nilai Pancasila keteladanan dan pengalaman hidup

3. MORAL / MORALITAS :

Dapat untuk menanamkan rasa cinta tanah air, rasa setia kawan, keteladanan.

4. NORMA :

Untuk mematuhi norma diperlukan norma adat istiadat agama,hukum dan kesusilaan.

5. TUJUAN :

Membentuk warga Negara yang baik sesuai dengan norma dalam bermasyarakat dan bernegara.

Jawaban TO 3 PKn

Nama : Mohammad Noor Sholihin

Kelas : PO7SIB

NIM : 282007008

Kabupaten : Blora


A. Pembelajaran PKn Kelas II SD, Semester 1

MATERI :

Hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antar sesama

TEMA :

Peristiwa.

a. MODEL PEMBELAJARAN :

Pembelajaran Tematik.

b. METODE PEMBELAJARAN:

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi.

c. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN :

a. Kegiatan Awal

§ Guru membuka pelajaran dengan berdoa bersama.

§ Guru mengabsensi kehadiran siswa.

§ Guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa yang terkait dengan mata pelajaran seperti : “ Anak – anak, pernahkan kalian membantu orang tua di rumah ? “, “ Apa yang kalian jika melihat seorang kakek yang sedang keberatan membawa barang ?”

b. Kegiatan Inti Pelajaran

§ Guru menjelaskan apa arti dari gotong royong.

§ Guru melakukan tanya jawab / diskusi tentang betapa pentingnya melakukan hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antar sesama.

§ Memberikan evaluasi dengan cara menyuruh siswa untuk bekerja kelompok menyebutkan contoh hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antar sesama.

c. Kegiatan Penutup

§ Memotifasi siswa untuk menerapkan hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antar sesame dalam kehidupan sehari – hari.

d. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :

Media : Gambar

Sumber : Buku paket PKn Kelas 2

Buku PKn 2 Erlangga

Buku PKn 2 Yudistira

Balai Pustaka KTSP 2006

e. EVALUASI / PENILAIAN :

a. Tes Lisan

Menjawab pertanyaan – pertanyaan lisan dari guru.

b. Tes Tertulis

Mengerjakan soal – soal yang diberikan guru.

B. Pembelajaran PKn Kelas VI SD semester 2

MATERI :

Memahami politik luar negeri indonesia dalam era globalisasi.

a. MODEL PEMBELAJARAN :

Pembelajaran Satuan Pelajaran.

b. METODE PEMBELAJARAN :

Diskusi, Tanya jawab, dan ceramah, tugas

c. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

a. Kegiatan Awal.

§ Guru membuka pelajaran dengan berdoa bersama

§ Guru mengabsensi kehadiran siswa

§ Mengadakan tanya-jawab tentang materi yang lalu untuk memotivasi.

b. Kegiatan Inti

§ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian dari globaisasi

§ Guru meminta siswa untuk menyebutkan contoh – contoh dari globalisasi

§ Guru meminta siswa untuk menyebutkan contoh manfaat dari

adanya globlisasi

§ Siswa muliskan dampak negatif dari adanya globalisasi

§ Siswa diberi kesempatan untuk bertanya setelah guru menjelaskan.

§ Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok yang setiap kelompok terdiri dari

4 – 5 orang

§ Guru membagikan tugas untuk dikerjakan secara berkelompok

§ Siswa berdiskusi untuk mengerjakan tugas kelompok

§ Diskusi kelas dibimbing oleh guru

§ Siswa melaporkan hasil kerja kelompok.

§ Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

c. Kegiatan Akhir

§ Siswa mengerjakan soal-soal yang telah diberikan oleh guru

§ Guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa

§ Guru Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi pesan-pesan kepada siswa

d. MEDIA PEMBELAJARAN :

§ Kurikulum 2006 Mapel PKn Kls VI

§ Buku PKn Kls VI, Erlangga

§ Gambar-gambar Alat Penilaian

e. PENILAIAN :

§ Bentuk penilaian : Tes

§ Tehnik : Tertulis

f. CONTOH EVALASI DALAM BENTUK TES TERTULIS :

Jawablah dengan tepat pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !

1. Apa yang dimaksud dengan globalisasi ?

2. Bagaimana sikap kita menghadapi globalisasi sekarang ini ?

3. Sebutkan 3 manfaat dari globalisasi !

4. Sebutkan 3 dampak negatif dari globalisasi !

5. Apakah kita harus mengikuti perubahan karena adanya globalisasi ?

Jawaban TO 4 PKn

Nama : Mohammad Noor Sholihin

Kelas : PO7SIB

NIM : 282007008

Kabupaten : Blora


TO 4.1 ( Analisis soal )
Kelas V

1. Jelaskan tugas dan fungsi Komisi Pemilihan umum ! ( Kognitif )

2. Sebutkan tahap-tahap pelaksanaan proses Pilkada ! ( Kognitif )

3. Bagaimana sikap kalian jika melihat orang tua yang mau menyeberang jalan ? ( Afektif )

4. Berikan suatu alasan mengapa Peraturan Perundang – Undangan harus di patuhi dan ditaati ? ( Civic Skills )

5. Mengapa kita harus mengormati pemeluk agama lain yang sedang menjalankan ibadah ?

TO 4. 2 ( Rancangan Alat Penilaian )

Kelas I

1. Apakah kewajiban itu ? (kognitif)

2. Apa yang terjadi jika kewajiban seseorang tidak dipenuhi ? (civil skill)

3. Sebutkan 3 contoh kewajiban kita sebagai seorang murid ! (afektif)

Kelas II

1. Apakah yang dinamakan musyawarah ?(Kognitif)

2. Bagaimanakah sikap kita terhadap usulan orang lain pada waktu musyawarah ? ( afektif )

3. Sebutkan 3 contoh sikap yang dilarang pada saat musyawarah ! (civic Skill)

Kelas III

1. Apakah arti dari sumpah pemuda ? (kognitif)

2. Bagaimana sikap kamu menghargai jasa para pahlawan ! (afektif)

3. Sebutkan contoh –contoh sikap menerapkan sumpah pemuda di lingkungan sekolahmu! (civic skill)

Kelas IV

1. Apa yang dimaksud dengan Pemerintahan Daerah ? (Kognitif)

2. Bagaimanakah sikap kamu dalam memilih Kepala Daerah ? ( afektif )

3. Sebutkan 3 contoh dari Peraturan Daerah yang ad di daerahmu ! ( civic skill )

Kelas V

1. Apa makna Bhinneka Tunggal Ika itu ? (Kognitif)

2. Bagaimana cara kita menjaga keutuhan NKRI ? ( afektif )

3. Sebutkan contoh – contoh pemberontakan yang merusak NKRI ! ( civic skill )

Kelas VI

1. Apa yang dimaksud dengan pemilihan Umum ? (kognitif)

2. Bagaimana sikap kita menyambut Pemilihan Umum? (afektif )

3. Sebutkan contoh dari proses pengambilan suara dalam Pemilihan Umum ! (civic skill)






Tidak ada komentar: