Tugas Inisiasi I
Pembelajaran
Nama : Supriyanto
Kelas : SWA2007PJJ
NIM : 282007026
Penugasan Inisiasi 1
1. Hasil observasi Tri Pusat Pendidikan yang mencakup pendidikan informal, formal dan nonformal.
a) Pendidikan informal adalah pendidikan yang diberikan didalam keluarga, disini yang berperan sebagai pembelajarnya yaitu Ibu dan Bapak. Dari sejak lahir anak sudah mendapatkan pendidikan, disini yang berperan didalam keluarga adalah ibu, beliau mengajarkan anak untuk berbicara yaitu mengucapkan kata demi kata hingga jelas sehingga ibuk tau apa yang dimaksud anaknya. Setelah belajar mengucapkan kata anak memahami apa maksud dari ucapan kata itu. Semakin tumbuh anak pendidikannya juga bertambah yaitu belajar untuk makan sendiri, belajar mandi, merapikan tempat tidur, belajar gosok gigi dan masih banyak lagi .
b) Pendidikan formal adalah pendidikan yang diberikan di sekolah disini yang berperan adalah guru yang bertugas di sekolah tersebut. Di Sekolah Dasar tempat saya mengajar SD NEGRI SUMURBOTO di ketuai oleh Ibu Sumarni . di SD ini anak – anak mendapatkan pendidikan social, pendidikan berhitung, pendidikan sains, pendidikan olah raga, agama ketrampilan tataboga dan masih banyak lagi pendidikan yang diberikan di sekolah. Di kelas satu anak – anak di ajarkan menulis, berhitung dan membaca. Ini adalah modal pertama yang harus dikuasai anak untuk nantinya naik ketingkat selanjutnya.
c) Pendidikan nonformal
Di desa tempat saya tinggal ada lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan pada anak yang putus sekolah dan ingin sekolah lagi, orang tua yang buta aksara dan yang sudah lulus dari SD ingin melanjutkan ketingkat SLTP.
Lembaga untuk mendidik anak yang putus sekolah yaitu Kejar Paket A, untuk melanjutkan setingkat SLTP yaitu Kejar Paket B, untuk setingkat SLTA yaitu Kejar Paket C. Sebagai pembelajarnya adalah Bapak Suripan, beliau juga
2. Perbandingan teori belajar menurut Robert M Gagne, Piaget, Bruner menurut proses terjadinya interaksi yang masuk
Robert M Gagne
Belajar dipengruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor eksternal dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Jika dia mempunyai
kemampuan kognitif yang mendukung tetapi lingkungannya tidak mendukung
maka proses belajar tidak akan berhasil. Faktor internal dipengaruhi oleh keadaan
kognitif anak. Walaupun kognitif anak baik dan mendukung tetapi materinya
tidak menarik, maka belajar anak tidak akan maksimal.
Piaget
Materi belajar merupakan suatu perkembangan bertahap dari berfikir intelektual
konkret dan abstrak. Jadi materi yang dipelajari harus bertahap dimulai dari
konkret – semi konkret – semi abstrak – abstrak. Jadi materi yang diberikan tidak
boleh langsung abstrak.
Bruner
Belajar merupakan proses. Guru hanya memfasilisator pembelajaran siswa
3. Penerapan teori Ausubel pada materi
Dalam materi
4. Contoh scenario pembelajaran PKn SD dengan model pembelajaran Deduktif dan
induktif
Pembelajaran Pkn dengan pembelajaran Deduktif
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan kewarganegaraan
Kelas / Semester : IV / II
Materi : Nilai – Nilai Pancasila
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 35 menit)
STANDAR KOMPETENSI
* Menampilkan nilai-nilai Pancasila
KOMPETENSI DASAR
* Kemampuan menghayati budaya luhur bangsa Indonesia.
INDIKTOR
* Melaksanakan nilai-nilai pancasila.
* Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
HASIL BELAJAR
· Siswa dapat melaksanakan kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai
yang terkandung dalam Pancasila.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
I. Kegiatan Awal
a). Sebelum mengabsen siswa bersama guru berdoa sesuai keyakinan masing-
masing.
b). Appersepsi dengan menyanyi lagu nasional “ Garuda Pancasila “
II. Kegiatan Inti
a). Guru menjelaskan materi pelajaran
b). Siswa diminta untuk membaca buku materi PKn mengenai Nilai-Nilai
Pancasila.
c). Guru melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah dibaca.
d). Guru meminta siswa untuk menyebutkan naskah pancasila dari sila I - sila V.
e). Kemudian guru menjelaskan makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam
naskah pancasila.
f). Guru meminta siswa untuk memberikan contoh nilai-nilai pancasila setelah
mendengar penjelasan dari guru.
g). Kemudian guru meminta siswa untuk menerapkan nilai-nilai pancasila
didalam kehidupan sehari-hari.
III. Kegiatan Akhir
Guru memberi tugas siswa untuk membuat kesimpulan tentang pelajaran yang
telah dibahas dan mencatat materi yang penting.
METODE
Ceramah, Tanya jawab.
SUMBER DAN BAHAN
Buku paket Penerbit Erlangga.
PENILAIAN
Penilaian dilakukan secara lisan ( siswa ditugasi untuk menghafal naskah
pancasila dan menyebutkan nilai-nilai yang terkandung didalam sila-sila
pancasila).
Pembelajaran PKn dengan pembelajaran induktif
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IV / I
Materi : Pemerintah Desa dan Kecamatan
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
STANDAR KOMPETENSI
Memahami system pemerintahan desa dan kecamatan
KOMPETENSI DASAR
Menggambar struktur organisasi desa dan pemerintahan kecamatan
INDIKATOR
Menggambar struktur organisasi pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
Menjelaskan persamaan dan perbedaan antara pemerintah desa dan kelurahan.
HASIL BELAJAR
Siswa dapat menggambar bagan struktur organisasi desa dan kecamatan.
Siswa dapat menjelaskan tugas-tugas dari lembaga pemerintah desa dan kecamatan
berdasar struktur organisasinya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
I. Kegiatan Awal
a). Siswa menyimak penjelasan guru tentang proses pembelajaran yang akan di capai
b). Siswa membentuk kelompok diskusi.
c). Siswa menyiapkan materi
II. Kegiatan Inti
a) Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan struktur organisasi pemerintahan desa.
b) Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok
c) Siswa menggembar struktur organisasi pemerintahan desa dan penjelasan seperlunya.
d) Siswa mendiskrepsikan struktur organisasi pemerintahan desa dan disimak oleh kelompok lain.
e) Siswa memperhatikan klarifikasi guru.
III. Kegiatan Penutup
Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan struktur organisasi
pemerintahan desa.
METODE PEMBELAJARAN
Pengalaman, diskusi dan tugas
SUMBER DAN BAHAN
1) Buku pendidikan kewarganegaraan SD kelas IV, hal: 1-7
2) Lingkungan kantor setempat
3) Perpustakaan.
PENILAIAN
Tes tertulis.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat!
1) Gambarlah struktur organisasi pemerintahan desa .
2) Jelaskan persamaan dan perbedaan antara pemerintah desa dan kelurahan .
3) Jelaskan tugas lembaga yang ada pada struktur pemerintahan desa.
4) Siapa nama pejabat yang duduk dalam struktur organisasi desa di tempatmu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar