Tugas TO3 Pkn
Nama : ERLINA IISTIANA
NIM : 282007159
Kelas : P07S1B
Dosen : Mawardi, S.Pd.,M.Pd.
A. Saya akan membelajarkan materi Membiasakan Hidup Gotong-royong pada Kelas II SD Semester I
Kompetensi Dasar:
a. Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong- menolong.
b. Melaksanakan pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong- menolong
Model pembelajaran yang saya pilih yaitu induktif.
Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu:
- ceramah
- tanya-jawab
- pemberian tugas
- diskusi kelompok
Langkah-langkah untuk melaksanakan pembelajaran yaitu:
a. Guru menceritakan tentang pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong-
menolong.
b. Siswa menyebutkan contoh hidup rukun, saling berbagi, dan tolong-menolong.
c. Siswa menjelaskan akibatnya jika tidak hidup rukun, tidak saling berbagi dan tidak
gotong-royong.
d. Siswa berdiskusi untuk melakukan suatu aktifitas di kelas yang menunjukkan contoh
hidup rikun, saling berbagi, dan tolong-menolong.
e. Siswa mempresentasikan hsil diskusi kelompok.
f. Guru menegaskan pentingnya dan bagaimana cara anak melaksanakan hidup rukun, sa-
ling berbagi, dan tolong-menolong.
g. Siswa mengerjakan evaluasi dari guru.
Media pembelajaran yang saya pakai yaitu:
- gambar-gambar tentang kegiatan gotong-royong dan hidup rukun dalam keluarga
- kapur, papan tulis.
Alat penilaiannya yaitu:
Penilaian proses : tes lisan/tanya jawab
Penilaian hasil : tes evaluasi/latihan soal-soal
B. Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi pada kelas VI SD semester 2
Kompetensi Dasar:
a. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.
b. Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional.
Model pembelajaran yaitu : induktif
Metode pembelajaran yang digunakan yaitu:
- ceramah
- tanya- jawab
- pemberian tugas
- diskusi kelompok
Langkah-langkah untuk melaksanakan pembelajaran yaitu:
a. Guru menjelaskan tentang politik luar negeri yang bebas dan aktif, dan menjelaskan
arti globalisasi.
b. Siswa bertanya tentang politik luar negeri yang bebas dan aktif.
c. Siswa mengidentifikasi politik luar negeri yang bebas dan aktif.
d. Guru menjelaskan tentang peran politik Indonesia dalam percaturan internasional.
e. Siswa bertanya tentang peran politik Indonesia dalam percaturan internasional.
f. Siswa diskusi tentang politik luar negeri yang bebas dan aktif serta perannya dalam
percaturan internasional.
g. Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
h. Guru menyimpulkan hasil disdkusi kelompok.
i. Siswa mengerjakan evaluasi dari guru.
9) Media pembelajaran yang digunakan yaitu:
- gambar-gambar tentang adanya bukti globalisasi di lingkungan masyaraka, seperti:
gambar makanan, pakaian, rumah, komputer, serta internet.
- buku, majalah, koran, serta peta, dan atlas.
- kapur, papan tulis.
Alat penilaiannya yaitu:
Penilaian proses : tes lisan/tanya-jawab, saat diskusi, dan presentasi diskusi kelompok.
Penilaian hasil : tes evaluasi/latihan soal-soal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar