Senin, 12 Mei 2008

TO4 KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN SD-P07S1B-282007033-GRB-TINA ARI WIRAWATI

Kepada
Yth. Bapak Mawardi
Di Salatiga


Selamat sore bapak..............
Berikut ini akan saya kirimkan TO3 dan TO4 PKn.
Mohon maaf atas keterlambatan pengiriman TO ini...
Terima kasih dan sekali lagi mohon maaf..

Tina Ari Wirawati
282007033
P07S1B
Grobogan

LEMBAR JAWABAN

TUGAS TUTORIAL ONLINE III

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Nama : Tina Ari Wirawati

NIM : 282007033

Kelas : P07S1B

Kabupaten : Grobogan

SOAL :

A. Anda akan membelajarkan materi “Membiasakan Hidup Gotong Royong “ pada kelas II SD semester I.

  1. Model pembelajaran apa yang Anda pilih?
  2. Metode pembelajaran apa yang Anda gunakan?
  3. Langkah-langkah apa yang Anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?
  4. Media pembelajaran apa yang Anda gunakan?
  5. Alat penilaian apa yang Anda terapkan?

B. Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi pada kelas VI SD semester 2.

1. Model pembelajaran apa yang Anda pilih?

2. Metode pembelajaran apa yang Anda gunakan?

3. Langkah-langkah apa yang Anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?

4. Media pembelajaran apa yang Anda gunakan?

5. Alat penilaian apa yang Anda terapkan?


JAWABAN :

A. Materi “Membiasakan Hidup Gotong Royong “ pada kelas II SD semester I.

Materi : Membiasakan hidup rukun di rumah dan sekolah

Tema : Diri Sendiri.

  1. Model pembelajaran yang digunakan adalah Pembelajaran Tematik.

Pembelajaan Tematik adalah pembelajaran yang dalam satu tema dapat memuat beberapa jenis mata pelajaran.

PKn : Membiasakan hidup rukun dirumah dan sekolah.

Bahasa Indonesia : Membaca dan menuliskan kata.

SBK : Bermain bersama-sama

  1. Metode pembelajaran apa yang digunakan adalah

° Metode Simulasi ( Bermain Peran )

° Metode Tanya Jawab

° Metode Diskusi

° Metode Pemberian Tugas

  1. Langkah-langkah apa yang ditempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut adalah

a. Kegiatan Awal

° Berdoa bersama

° Apersepsi

Guru menyuruh 4 orang siswa untuk mengangkat meja dari deretan dan diangkat sampai dekat papan tulis.

Kemudian guru juga menyuruh 1 orang siswa untuk mengangkat meja ke tempat yang sama tetapi tanpa dibantu oleh siapapun.

Guru bertanya, mengenai hal yang dilakukan temannya. Sampai ditemukan kesimpulan bahwa kita akan belajar tentang hidup gotong royong.

b. Kegiatan Inti

° Guru menjelaskan materi mengenai hidup rukun di rumah dan sekolah.

° Siswa membentuk kelompok yang masing kelompok terdiri dari 4 orang siswa.

° Guru membagikan LKS yang berisikan gambar yang harus didiskusikan dengan kelompok yang telah dibentuk.

° Setelah selesai, guru dan siswa memmbahas hasil pekerjaannya secara bersama-sama.

c. Kegiatan Akhir

° Pemantapan

Dengan pemberian soal evaluasi

° Penutup

Memberikan pekerjaan rumah

  1. Media pembelajaran apa yang digunakan adalah

Media :

° Meja

° Gambar tentang hidup rukun dan tidak rukun di rumah dan sekolah

° Lember Kerja Siswa

° Lember Evaluasi

Sumber :

° Kuikulum Pembelajaran Tematik Kelas II

° PKn Kelas II, Erlanga KTSP 2006, Hal 1-10

  1. Alat penilaian apa yang diterapkan adalah

Memberikan soal sebagai evaluasi.

Bentuk : Test

Teknik : Tertulis

B. Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi pada kelas VI SD semester 2.

Materi : Adanya Dampak Globalisasi

  1. Model pembelajaran yang digunakan adalah Satuan Pelajaran
  2. Metode pembelajaran apa yang digunakan adalah

° Metode Ceramah

° Metode Tanya Jawab

° Metode Diskusi

° Metode Pemberian Tugas

  1. Langkah-langkah apa yang ditempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut adalah

a. Kegiatan Awal

° Berdoa bersama

° Apersepsi, mengadakan tanya jawab tentang masa sekarang ini ( era globalisasi )

b. Kegiatan Inti

° Guru menjelaskan materi mengenai era globalisasi.

° Siswa membentuk kelompok yang masing kelompok terdiri dari 4 orang siswa.

° Guru membagikan LKS yang berisikan soal yang harus didiskusikan dengan kelompok yang telah dibentuk.

° Setelah selesai, guru dan siswa memmbahas hasil pekerjaannya secara bersama-sama.

c. Kegiatan Akhir

° Pemantapan

Dengan pemberian soal evaluasi

° Penutup

Memberikan pekerjaan rumah

  1. Media pembelajaran apa yang digunakan adalah

Media :

° Gambar pendukung materi

° Lember Kerja Siswa

° Lember Evaluasi

Sumber :

° Kuikulum KTSP Kelas VI

° PKn Kelas VI, Erlanga KTSP 2006, Hal 103-115

  1. Alat penilaian apa yang diterapkan adalah

Memberikan soal sebagai evaluasi.

Bentuk : Test

Teknik : Tertulis

LEMBAR JAWABAN

TUGAS TUTORIAL ONLINE IV

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Nama : Tina Ari Wirawati

NIM : 282007033

Kelas : P07S1B

Kabupaten : Grobogan

SOAL :

1. Ambil tes buatan guru mata pelajaran PKn, coba analisis soal tersebut dan kelompokkan soal-soal yang mengukur kemampuan kognitif ( Civic Knowledges ), afektif ( Civic Values ), dan Civic Skills !

2. Coba rancang alat penilaian mata pelajaran PKn SD untuk kelas I sampai VI yang berisi tentang penilaian kognitif, afektif, dan civic skills !

JAWABAN :

1. Analisis Soal PKn

Kelas

Soal-Soal

Mengukur

Kemampuan

Aspek

2

1. Apakah arti dari hidup rukun itu ?

Kognitif


2. Dirumah kita dapat menjalin hidup rukun dengan siapa saja ?

Afektif


3. Apa saja yang dapat kamu lakukan dalam membantu ibu ?

Afektif


4. Menurut pendapatmu, apa yang harus dilakukan ketika melihat



orang yang jatuh dari sepeda ?

Civic Skill


5. Apa yang harus kamu lakukan agar di rumah terjalin kerukunan ?

Civic Skill


2. Analisis Mata pelajaran PKn SD untuk kelas I sampai VI yang berisi tentang penilaian kognitif, afektif, dan civic

skills .



Kelas

Soal-Soal

Mengukur

Kemampuan

Aspek

1

1. Apakah yang dimaksud dengan hak ?

Kognitif


2. Sebutkan hak yang dimiliki oleh seorang anak ?

Afektif


3. Bagaimana pendapatmu, jika hak sebagai anak tidak terpenuhi ?

Civic Skill

2

1. Apakah arti dari gotong royong ?

Kognitif


2. Berilah contoh gotong royong di rumah ?

Afektif


3. Apa yang harus kamu lakukan, jika di tempatmu ada kerja bakti ?

Civic Skill

3

1. Apa pengertian norma itu ?

Kognitif


2. Sebutkan macam-macam morma yang ada di masyarakat ?

Afektif


3. Bagaimana menurutmu jika di tempatmu ada yang main hakim sendiri ?

Civic Skill

4

1. Apakah yang dimaksud dengan desa ?

Kognitif


2. Sebutkan urutan sistem pemerintahan desa ?

Afektif


3. Apa yang kita lakukan sebagai warga desa, jika ada pilgub ?

Civic Skill

5

1. Apa arti dari musyawarah itu ?

Kognitif


2. Sebutkan apa saja yang dimusyawarahkan di rumahmu ?

Afektif


3. Bagaimana sikapmu sebagai peserta musyawarah ?

Civic Skill

6

1. Apakah arti pancasila itu ?

Kognitif


2. Sebutkan arti bunyi dari pancasila ?

Afektif


3. Bagaimana sikap kita mencerminkan sikap menjunjung nilai pancasila ?

Civic Skill