Kamis, 21 Februari 2008

TO1-PKn-282007016-RASTANTI-P07S1B

NAMA : RASTANTI DWI KRISNA MURTI
KELAS : PO7S1B
NIM : 282007016

TO1 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Contoh-contoh lembaga yang mencakup pendidikan informal,formal, dan formal antara lain :
Nama Lembaga
Pembelajarnya
Pondok Pesantren
Para ustad.
TPA, Madrasah aliyah, Diniyah
Masyarakat yang dianggap pendidikan agamanya tinggi.
Paut,.TK, SD, SMP, SLTA
Guru yang sesuai dengan bidangnya.
Kursus menjahit
Masyarakat yang ahli di bidang menjahit.
Kursus Komputer
Tenaga ahli dibidang komputer
Pendidikan moral dan budi pekerti
Orang yang lebih tua dalam keluarga
Kejar paket
Tutor
Sekolah terbuka
Guru dari sekolah formal

Perbandingan pendapat para tokoh :
Tokoh
Pendapat
Thordike
Cara belajar manusia pada dasarnya terjadi melalui pembentukan asosiasi antara stimulus dan respon sama dengan binatang.
Skinner
Belajar adalah suatu proses atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif
Robert M.Gagne
Belajarnya seseorang dipengaruhi oleh faktor luar dan faktor dari dalam diri orang itu sendiri yang saling berinteraksi
Piaget
Belajar merupakan proses berfikir manusia yang merupakan suatu perkembangan bertahap dari berfikir intelektual kongkret ke abstrak secara berurutan melalui empat tahapan.
Bruner
Belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika siswa dapat menemukan sendiri suatu kesimpulan tertentu.
Ausubel
Keberhasilan belajar siswa sangat ditentukan oleh kebermaknaan bahan ajar yang dipelajari.

Penerapan teori ausubel pada materi PKn SD
· Mencari sumber dari berbagai buku sehingtga materi yang di ajarkan bisa luas dan bermakna.
· Guru menggunakan pengetahuan yang dimilikinya dalam menyampaikan materi ajar.
· Guru terlebih dahulu harus menguasai materi ajar sebelum menyampaikannya.

Skenario pembelajaran PKn dengan model deduktif dan induktif dalam materi mengenal pemerintahan desa dan kota
1. Kegiatan awal
Apersepsi : Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai desa dan kelurahan
2. Kegiatan inti
Siswa diminta mengamati desa di mana sekolahnya berada.
Guru menjelaskan pengertian desa dan kelurahan
Siswa diminta menyebutkan letak tempat tinggalnya (desa atau kelurahan)
Siswa diminta berdiskusi mencari ciri-ciri desa dan kelurahan.
Guru menjelaskan perbedaan desa dan kelurahan.
Siswa bersama guru meyimpulkan materi.
3. Kegiatan akhir
· Siswa diberi kesempatan bertanya apabila ada hal-hal yang belum dipahami.
· Guru memberikan tesformatif dan tindak lanjut
· Guru mengakhiri pelajaran dengan memotifasi siswa agar rajin belajar.